Tetap Mudik, ASN di Lebak Terancam Sanksi Pemecatan 

Pegawai Pemkab Lebak saat upacara.

LEBAK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bakal memberikan sanksi tegas terhadap aparatur sipili negara yang tetap mudik di tengah pandemi corona atau Covid-19. Sanksi yang diberikan terhadap ASN yang membandel mulai hukuman sedang yakni teguran, pemotongan gaji, hingga ukuman berat hingga pemberhentian tidak hormat alias pemecatan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Data Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lebak Wiwin Budhiyarti mengatakan, larangan mudik ASN Lebak tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 060/813-ORG/2020 tentang Libur dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak. Surat edaran tersebut merupakan aturan turunan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 41 tahun 2020 tertanggal 6 April.

“Kalau ada ASN nekat mudik di masa pandemi corona maka siap-siap untuk menerima sanksi tegas dari Bupati Lebak,” kata Wiwin kepada wartawan, Rabu (20/5).

Untuk itu, ASN yang melanggar SE Bupati akan dikenai hukuman disiplin sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS. Adapun ancaman terberat yakni diberhentikan secara tidak hormat sebagai abdi negara.

Dijelaskannya, sanksi untuk pelanggaran disiplin sedang terdiri dari penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun. 

“Sedangkan sanksi berat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pencopotan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, sampai pemberhentian tidak dengan hormat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Lebak Edi Wahyudi mengimbau kepada para ASN yang bekerja di lingkungan Pemkab Lebak untuk senantiasa mematuhi SE Bupati mengenai larangan mudik. Aturan tersebut diharapkan dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Saya yakin, rekan-rekan ASN di Lebak mematuhi aturan tersebut,” tukasnya.(Mastur)