Tetap Waspada! di Daerah Ini Rawan Pohon Tumbang

Pohon Tumbang
Staf Dinas Kebersihan dan BPBD Kabupaten Lebak dibantu masyarakat membersihkan dahan pohon yang tumbang dan menutupi Jalan RT Hardiwinangun, Kecamatan Rangkasbitung, Sabtu (13/2/2016). (Foto: Mastur)

RANGKASBITUNG – Saat ini, Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak fokus memangkas dahan dan ranting pohon di pinggir jalan di wilayah Kota Rangkasbitung. Hujan disertai angin kencang berpotensi menumbangkan pohon dan membahayakan pengguna jalan.

Kepala Dinas Kebersihan Sumardi mengatakan bahwa kegiatan ini difokuskan pada jalan-jalan protokol di pusat Kota Rangkasbitung. Antara lain, Jalan Multatuli, Jalan RT Hardiwinangun, Jalan Abdi Negara, Jalan RM Nataatmaja, dan sekitar Alun-alun Rangkasbitung.

“Di musim hujan, pohon rawan tumbang dan membahayakan masyarakat yang melintas di jalan,” katanya, Minggu (14/2/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Untuk mengantisipasi bahaya pohon tumbang, Dinas Kebersihan membentuk tim reaksi cepat. Menurut Sumardi, tim ini rutin berpatroli di jalanan Kota Rangkasbitung saat hujan lebat, terlebih disertai angin kencang.

Jika ada dahan atau pohon tumbang dan menutupi jalan, tim tersebut akan langsung membersihkannya. Hal ini pernah dilakukan tim reaksi cepat Dinas Kebersihan pada Sabtu (13/2/2016) ketika dahan pohon patah dan menutupi Jalan RT Hardiwinangun.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak memarkir kendaraan di bawah pohon. Kalau hujan disertai angin kencang terjadi, segera pindahkan kendaraan ke tempat aman,” imbau Sumardi.

Dia juga mewanti masyarakat yang memiliki pohon tua di pinggir rumah untuk selalu mewaspadainya. Sumardi menyarankan agar pohon tersebut dipangkas.

“Kami hanya mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Syukur-syukur enggak ada yang tumbang,” harapnya.

Kepala Urusan Lalu Lintas (Kaurlantas) Polres Lebak Inspektur Polisi Satu (Iptu) Kusroin menjelaskan bahwa dahan pohon yang patah di Jalan RT Hardiwinangun terjadi sekira pukul 16.00 WIB. Hujan disertai angin kencang menjadi penyebabnya.

Kemacetan lalu lintas akibat dahan pohon menutupi jalan itu, menurutnya, tidak sampai terjadi. Tim dari Dinas Kebersihan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak cepat datang untuk menyingkirkan dahan pohon itu dari badan jalan. “Tidak ada korban atau kemacetan,” tegasnya. (RB/tur/don/dwi)