Tetap Waspada, Hari Ini Banten Terancam Dampak Cuaca Ekstrem

0
589 views
Ilustrasi

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mengimbau pada warga Banten agar waspada terhadap terjadinya bencana. Pasalnya, hari ini cuaca ekstrem akan melanda hampir seluruh wilayah Banten.

Melansir dari situs BPBD Kabupaten Serang, Senin (30/1), bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan potensi cuaca di wilayah Banten sangat signifikan. Sehingga akan berindikasi potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan disertai angin kencang.

Cuaca ekstrem tersebut datang pada pagi, siang atau sore hari. Dan wilayah yang terkena cuaca ekstrem di antaranya Kota Cilegon, Kabupaten Serang bagian Utara dan Barat, Kabupaten Pandeglang bagian Utara dan Barat, Kabupaten Lebak bagian Utara, Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Kota Tangsel.

Sementara itu pada malam hari menjelang dini hari, BMKG memprediksikan cuaca ekstrem akan melanda wilayah Kota Cilegon, Kabupaten Serang bagian Utara dan Barat, Kabupaten Pandeglang bagian Utara, Barat dan Selatan, Kabupaten Lebak bagian Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Utara.

Untuk itu BPBD Kabupaten Serang mengingatkan masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2.50 – 4.0 meter di Selat Sunda bagian Selatan Banten dan Perairan Selatan Pulau Jawa. (Ade F)