Muhammad Zainul Majdi di Masjid Raudhatul Jannah, Kompleks PCI, usai Salat Jumat berjamaah dan memberikan kuliah umum pada Jumat (4/5).

CILEGON – Salah satu tokoh yang digadang sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden, Muhammad Zainul Majdi, menggelar safari politik di Kota Cilegon, Jumat (4/5). Pria yang popular dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) ini mengisi khotbah Jumat di Masjid Raudhatul Jannah, Pondok Cilegon Indah (PCI).

Setelah khotbahJumat, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengisi kuliah umum yang dihadiri jamaah Salat Jumat dan warga sekitar PCI. Dalam kesempatan itu, TGB berharap, warga Banten menjaga kekompakan dalam bidang apa pun.             “Banten ini memiliki modal yang cukup luar biasa, yakni dengan banyak sekali tokoh agama dan tokoh adat. Jadi, tokoh agama yang itulah yang berperan sebagai pengaman masyarakat,” kata TGB.

Menurut TGB, Banten perlu membangun daya saing kolektif. Hal itu penting mengingat di Banten terdapat banyak industri. Menurut dia, sektor industri memerlukan daya saing kuat agar masyarakat Banten tidak kalah saing.

“Masyarakat Banten luar biasa, semangat keagamaan, semangat membangunnya. Karena Banten ini daerah industri maka memang daya saing warga Banten kuat. Karena kan sektor-sektor industri itu menghadirkan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut TGB, ia berpesan kepada masyarakat Banten untuk menjaga kekompakan baik antarmasyarakat dan tokoh agama maupun tokoh adat. Kekompakan itu dinilai sebagai upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan khususnya di Banten. “Jadi, perlu membangun daya saing kolektif di Banten. Saya yakin, dengan modal yang ada di Banten, masyarakat Banten punya dasar yang kuat, insya Allah,” lanjutnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Banten agar tetap menjaga kekompakan dalam hal apa pun karena Banten memiliki bayak tokoh agama dan adat yang membuat Banten tetap bisa kondusif. “Jadi, peran tokoh itulah mempunyai katup pengaman masyarakat, semuanya harus dihormati dan punya peran,” tutur kader Partai Demokrat itu.

Ketua DPC Partai Demokrat Cilegon Rahmatulloh mengatakan, kedatangan TGB ke Cilegon dinilainya sangat bagus lantaran ingin membangun silaturahmi dengan masyarakat Cilegon. “Beliau (TGB-red) juga kan punya silsilah di Banten, kalau tidak salah ayahanda Beliau itu adalah sahabat baiknya Abuya Pandeglang kan,” katanya.

Kata Rahmatulloh, pihaknya menyambut baik kedatangan TGB lantaran ini momentum yang jarang. Terkait soal tujuan TGB yang digadang-gadang maju dalam bursa pilpres nanti, pihaknya tidak mengkhawatirkan hal itu lantaran TGB sampai dengan saat ini belum terlihat apakah akan maju atau tidak mencalonkan jadi presiden maupun wakil presiden.

“Kami sih enjoy saja. Terlepas TGB punya kepentingan atau tidak, itu kan urusannya. Jadi, hal itu wajar-wajar saja,” ucapnya.

“Saya kira sampai detik ini belum tahu. Yang jelas, Beliau menyambung tali silaturahmi orangtuanya. Saya kira hal itu sangat baik sekali dilakukan dan dicontoh. Soal pencalonan, kami belum tahu ke arah sana,” imbuhnya.(mg02/ibm/ira)