THR ASN Sudah Cair, Tapi…

0
127
Ilustrasi

SERANG – Pemprov Banten mengklaim pembayaran tunjangan hari raya (THR) terhadap sepuluh ribu aparatur sipil negara (ASN) sudah dicairkan awal pekan Juni. Hanya saja, THR yang dibayarkan hanya satu kali gaji, belum dengan dana tambahan tunjangan kinerja (tukin).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Nandy Mulya S mengatakan, THR yang ditransfer melalui rekening masing-masing pegawai tersebut meliputi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan lainnya.

“Yang belum itu hanya dana tambahan tunjangan kinerja,” kata Nandy kepada wartawan, kemarin.

Nandy melanjutkan, hingga kini pemprov masih belum juga menemukan solusi untuk pembayaran tambahan tunjangan kinerja THR. Meski demikian, pemprov belum menyerah walau harus menunda pembayaran dan akan membahasnya setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Nanti dibahas setelah Lebaran, kita tunda dulu pembahasannya,” jelasnya.

Gubernur Wahidin Halim mengatakan, pembahasan pemberian tambahan penghasilan ASN atau tunjangan daerah (tunda) atau tunjangan kinerja (tukin) untuk gaji ke-13 dan 14 ASN masih terus dilakukan. Akan tetapi, hingga kini belum juga menemukan jalan keluar.

“Berkaitan dengan gaji ke-13 dan 14 sudah ada di dalam anggaran, dari dana alokasi umum. Cuma yang masih kita bahas adalah tunjangan penghasilan, karena memang itu tidak dianggarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Mantan wakil ketua Komisi II DPR RI itu menuturkan, meski belum ditemukan formula yang tepat untuk menutupinya, tetapi pemprov akan tetap mengupayakan. Disinggung apakah pemprov akan menggunakan dana tak terduga (DTT), Wahidin menentangnya.

“Kalau Banten cenderung tidak melaksanakan, hitung-hitungan dana juga kita terbatas ya. Pemahaman bahwa ada dana kaitan bencana juga tidak mungkin kita geser. Melanggar prinsip-prinsip dana tak terduga. Banten rawan bencana, kalau nanti dipakai sekarang, suatu saat terjadi bencana kita mau pakai dana yang mana,” jelasnya.

Sekda Banten Ranta Soeharta menambahkan, untuk gaji ke-14 sudah disalurkan ke rekening ASN. Penyaluran sendiri dilakukan pada Senin (4/6). “THR (gaji-14) sudah diberikan. Semuanya sudah ditransfer ke rekening, silakan dicek, sudah masuk itu,” jelasnya. (Deni S/RBG)