Tiap Hari, Ratusan Warga Kabupaten Serang Pindah ke Luar Daerah

0
1.179 views
ANTRE: Warga antre untuk mengurus surat mutasi kependudukan di kantor Disdukcapil Kabupaten Serang, Jumat (7/7). FOTO: ROZAK/RADAR BANTEN

SERANG – Pascalibur Lebaran, kesibukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang meningkat. Setiap hari ada seratusan warga Kabupaten Serang yang meminta surat mutasi kependudukan.

Kabid Administrasi Kependudukan Witarsono mengatakan bahwa kesibukan itu karena jumlah pengajuan mutasi kependudukan oleh warga di kantornya bertambah dibandingkan hari-hari sebelum Idul Fitri 2017. Setiap hari, pegawai Disdukcapil Kabupaten Serang rata-rata melayani 50 hingga 100 permohonan mutasi kependudukan.

“Peningkatannya sekitar lima hingga sepuluh persen,” katanya kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Jumat (7/7).

Menurut Witarsono, satu surat mutasi kependudukan berlaku untuk satu keluarga. Berarti ada ratusan penduduk Kabupaten Serang yang pindah ke daerah lain. “Datanya belum kami rekap,” ujarnya.

Witarsono menjelaskan, peningkatan pengurusan surat mutasi kependudukan itu dipengaruhi oleh lowongan kerja yang biasanya banyak dibuka setelah Lebaran. “Bisa jadi ini karena momentum juga. Di Kabupaten Serang juga kan banyak kawasan industri,” katanya.

Per Mei 2017, Disdukcapil Kabupaten Serang telah mengeluarkan 1.078 surat mutasi kependudukan. Dari jumlah itu, sebanyak 562 surat mutasi kependudukan untuk pindah ke daerah lain di Provinsi Banten, sedangkan 516 surat mutasi lainnya untuk kepindahan warga ke luar daerah dan luar provinsi.

Pada bulan yang sama, Disdukcapil juga mencatat ada 341.173 pendatang dari luar daerah di dalam Provinsi Banten dan 168 pendatang dari luar provinsi yang masuk ke Kabupaten Serang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Serang Asep Saefudin Mustopa mengatakan hal yang sama. Warga yang datang ke kantornya dan meminta bermacam jenis dokumen kependudukan membludak. “Kalau mutasi kependudukan, sampai 50 hingga 100 per hari,” katanya. (Rozak/RBG)