Tiap Keluarga Wajib Beli 10 Bunga

0
228 views

PADARINCANG – Pengurus RW 01, Kampung Rancaranji, Desa Kramatlaban, Kecamatan Padarincang, mewajibkan setiap kepala keluarga untuk membeli minimal 10 tanaman bunga. Juara kategori kampung berbunga di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 tampaknya menjadi target kampung ini.

Kampung ini memang belum dibenahi. Namun, pengurus RW dan Pemerintah Desa Kramatlaban sudah rapat bersama membahas perencanaan penataan lingkungan RW 01. Bahkan, material bahan bangunan untuk pembangunan gapura pun sudah tersedia.

Ketua RW 01 Edi Humaedi mengatakan, tahap awal penataan kampungnya adalah membangun gapura. Soalnya, Kampung Rancaranji belum memiliki tanda batas wilayahnya dengan Desa Kadubeureum, Kecamatan Padarincang. ”Jadi kita bangun gapura dulu,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (14/10).

Setelah itu, setiap warga bakal menyiapkan 10 bibit tanaman bunga. Dari jumlah itu, lima bunga ditanam di pekarangan rumah warga, dan sisanya akan dipajang di pinggir jalan.

”Jenis bunganya bebas. Terserah warga mau nanam bunga apa,” jelas Humaedi.

Sekretaris Desa Kramatlaban Fery Firdaus mengatakan bahwa RW 05 sebagai perwakilan Desa Kramatlaban pada LKBA 2019, dua nominasi juara untuk kategori kampung terinovatif dan aman serta partisipasi warga terbaik dan aman. ”Dulu bukan RW 01, tapi RW 05 di Kampung Gunungbuntung,” ujarnya.

Dengan pengalaman itu, Fery optimistis, warga RW 01 bisa mengikuti jejak RW 05. ”Kita pastikan, nanti kondisi lingkungannya berubah jadi bersih, berwarna, dan indah,” tegasnya. (mg06/don)