Tidak Ada Larangan Pemerintah Soal Operasional Truk Muatan

Suasana antrean kendaraan di dalam kawasan Pelabuhan Merak
Suasana antrean kendaraan di dalam kawasan Pelabuhan Merak

MERAK – Antrean panjang berbagai jenis kendaraan masih mengular mulai dari kilometer 97 di dalam pintu kawasan jalur tol Merak hingga menuju kawasan pelabuhan Merak, Kamis (24/12/2015). Kendaraan pribadi dan truk berbagai jenis muatan tampak memadati sepanjang jalur antrean.

Baca Juga : Pintu Masuk Pelabuhan Merak Macet Total

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga menyebutkan, terjadinya antrean kendaraan itu lantaran tidak adanya pemberlakuan aturan dari Pemerintah yang melarang operasional kendaraan besar jelang perayaan libur natal dan tahun baru yang berbarengan dengan libur sekolah itu.

“Pemerintah tidak memberlakukan larangan operasi kendaraan angkutan barang dan sembako. Oleh sebab bercampur dengan kendaraan pribadi yang banyak, makanya mempengaruhi kapasitas jalan sehingga terjadilah penyempitan,” ujarnya.

Ia memaparkan, terjadinya antrean panjang itu turut dipicu oleh adanya proses administrasi di pintu tol. “Kalau di pintu tol gate pelabuhan itu cenderung lancar dan ini terlihat dari masih adanya kekosongan di beberapa kantong parkir di pelabuhan,” kilah dia. (Devi Krisna)