SERANG – Paripurna DPRD Kota Serang pada Senin (24/6) terpaksa belum bisa dilaksanalan lantaran jumlah anggota Dewan yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Sesuai jadwal, paripurna yang dengan agenda Pandangan Fraksi-fraksi atas Dua Raperda Usul Walikota Serang terkait Raperda Retribusi RSUD Kota Serang dan Laporan Pertanggungjawaban Anggaran tahun 2018 akan dimulai pukul 10.00 WIB. Hanya saja, sampai pukul 11.00 WIB belum juga dimulai.

Padahal Walikota Serang Syafrudin dan Sekda Kota Serang Tb Urip Henus dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Serang sudah hadir sejak pukul 10.00 WIB. Bersama dengan Wakil Ketua DPRD Kota Serang Bambang Janoko, mereka terpaksa menunggu kehadiran anggota Dewan untuk memenuhi kuorum di ruang transit.

“Pak Ketua minta minimal anggota Dewan yang hadir 20 orang,” kata salah satu staf pegawai DPRD Kota Serang yang enggan disebutkan namanya.

Seperti ketahui, jumlah anggota DPRD Kota Serang berjumlah 45 orang.

Agenda pandangan fraksi-fraksi tersebut sebagai tindak lanjut dari paripurna penjelasan Walikota Serang atas Raperda Retribusi RSUD Kota Serang dan Laporan Pertanggungjawab APBT tahun 2018 pada Kamis (20/6) lalu.

Paripurna sempat dibuka Wakil Ketua DPRD Kota Serang dengan jumlah anggota yang hadir 17 orang. Karena tidak memenuhi kuorum, Bambang memending rapat tersebut. “Yang hadir 17 orang, karena tidak memenuhi kuorum sesuai tatib, maka rapat diskor,” katanya seraya mengetuk palu sidang. (Ken Supriyono)