Tiga Akses Menuju Banten Lama Dibangun Tahun Ini

0
1.069 views
Kepala Dinas PUPR Hadi Suryadi

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten mulai membangun akses menuju kawasan wisata religi dan cagar budaya Banten Lama, Kasemen, Kota Serang. Ada tiga jalur menuju daerah tersebut yang akan diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten.

Kepala Dinas PUPR Hadi Suryadi menjelaskan, tiga jalur wisata menuju Banten Lama yang sedang dalam proses pembangunan serta perbaikan yaitu Lopang-Banten Lama, Pontang-Banten Lama, serta Kramatwatu-Banten Lama.

“Untuk Lopang-Banten Lama ditarget selesai tahun ini, sekarang sedang proses perbaikan dengan cara dibeton,” ujar Hadi saat mengisi diskusi bersama wartawan di Sekretariat Pokja Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Provinsi Banten, Jumat (28/7).

Untuk jalur Kramatwatu-Banten Lama dan Pontang-Banten Lama ditarget selesai pada tahun selanjutnya. Dikatakan Hadi, perbaikan tersebut dilakukan secara simultan agar proses pengerjaan bisa terawasi dengan baik dan hasilnya memuaskan.

Bukan hanya akses menuju kawasan wisata tersebut saja, menurut Hadi, jalur yang berada di dalam kawasan wisata Banten Lama pun akan diperbaiki Pemprov Banten.

Perbaikan tersebut dilakukan untuk mendorong rencana Pemprov Banten yang akan melakukan penataan Banten Lama. Akses menuju lokasi tersebut sangat penting agar lokasi wisata mudah terakses oleh wisatawan serta memberikan kenyamanan.

Terkait jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Banten, menurut Hadi, dari 750 kilometer jalan provinsi, tinggal 20 persen yang perlu perbaikan. Karenanya, Pemprov Banten akan fokus terhadap sisa luas jalan tersebut, terlebih jalan menuju objek pariwisata ada dalam sisa perbaikan tersebut.

“Kalau yang 20 persen ini selesai, baru kita fokus pada hal lain, misalnya melakukan pembebasan lahan untuk pelebaran jalan. Pokoknya kita cicil perbaikan ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Pokja Wartawan Harian Cetak dan Elektronik Provinsi Banten Muhamad Royani menjelaskan, diskusi tentang pembangunan infrastruktur ini sengaja dibuat sebagai bagian dari kepedulian media terhadap pembangunan Provinsi Banten.

“Selain menggali informasi rencana pembangunan yang akan dilakukan Pemprov Banten, di diskusi ini pun kita saling bertukar gagasan dengan bapak (Hadi Suryadi) sebagai perwakilan pemerintah,” ujar Royani.

Pembangunan baik infrastruktur maupun pariwisata perlu peran serta semua pihak. Sinergitas antara pemerintah dan media pun perlu agar masyarakat mengetahui program pembangunan pemerintah yang kemudian ikut serta mendukung program pembangunan tersebut. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)