Tiga Atlet Muaythai Banten Masuk Pelatnas

SERANG – Tiga atlet muaythai Provinsi Banten bergabung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk SEA Games Filipina 2019. Pelatnas itu sebagai ajang seleksi atlet yang bakal diturunkan pada ajang olahraga internasional.

Tiga atlet tersebut adalah Sulaiman, Rizal, dan Madlani. Ketiganya diminta bergabung lantaran prestasi yang telah diraih pada kejuaraan daerah atau nasional.

Sebenarnya, ketiga atlet tersebut telah bergabung di Pelatnas sejak bulan Februari lalu. Namun, Sule, Rizal, dan Madlani baru dipanggil lagi pada Minggu (3/3) lalu. Pemanggilan itu ditunda lantaran kondisi lokasi Pelatnas belum siap.

Pelatih Muaythai Indonesia (MI) Banten Iva Ainul Wafa mengatakan, prestasi terakhir Sulaiman atau akrab disapa Sule itu adalah emas di kelas 48 kilogram pada Kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten. Sementara Rizal menyumbangkan perunggu di kelas 63 kilogram di kejuaraan yang sama.

“Kalau Sule dan Rizal itu latihannya di Kota Serang, sementara Madlani latihannya di Kota Tangerang. Jadi, untuk Madlani, saya tidak tahu banyak,” kata Iva kepada Banten Raya (Radar Bantengroup), Selasa (12/3).

Selama di Pelatnas, Sule masuk kelas 51 kilogram, Rizal kelas 63 kilogram, dan Madlani kelas 54 kilogram. “Kami berharap mereka bisa berprestasi dan membawa nama harum Banten di tingkat nasional dan internasional,” kata Iva.     

Dia mengaku, ketiga atlet tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan tersebut harus dimaksimalkan agar kemampuan mereka semakin baik di Pelatnas. “Sule lebih menguasai di tekniknya, sementara Rizal lebih condong di fisik. Saya sih berharap Sule, Rizal, dan Madlani bisa lolos seleksi dan bisa tampil di SEA Games 2019 di Filipina,” jelasnya. (BRP/RBG)