Tiga Desa di Kabupaten Tangerang Salurkan Bantuan ke Lebak

TANGERANG – Bantuan terus mengalir untuk warga yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Terbaru, tiga desa di Kabupaten Tangerang mengirimkan bantuan logistik sebagai bentuk aksi kemanusian.

Di antaranya Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Desa Kemuning Kecamatan Legok dan Desa Solear Kecamatan Solear. Mereka mengumpulkan bantuan tersebut dari sejumlah hasil swadaya masyarakat.

Kepala Desa Kemuning, Kecamatan Legok Dadang Bule mengatakan, pihaknya mengirimkan bantuan secara dua tahap. Bantuan tahap pertama disalurkan pada 4 Januari lalu, dan tahap kedua dberikan pada Senin (13/1). “Bantuan tersebut hasil swadaya masyarakat, pemerintah desa, PKK, karang taruna, dan lembaga lain yang ada di desa. Semoga bermanfaat,” katanya setelah memberikan bantuan.

Dia menjelaskan, bantuan tahap pertama yang disalurkan berupa mie instan, beras, telur puyuh dan sejumlah uang. Sedangkan tahap kedua seperti makanan ringan, susu, sabun mandi, dan sejumlah uang. Bantuan tersebut disalurkan ke dua tempat terdampak banjir yakni Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak dan Desa Bagoang, Kecamatan Jasinga, Bogor.

Selain Desa Kemuning, bantuan logistik juga disalurkan Pemerintah Desa Tobat, Kecamatan Balaraja pada Minggu (12/1) lalu. Bantuan tersebut, juga hasil dari swadaya masyarakat yang dikumpulkan. “Alhamdulillah, seluruh bantuan sudah kami salurkan bersama ibu PKK, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), karang taruna dan LPM,” ungkap Endang Suherman, Kepala Desa Tobat, kemarin.

Endang mengatakan, bantuan yang diangkut menggunakan mobil bak terbuka, disalurkan langsung oleh sekitar 12 orang perwakilan warga Desa Tobat seperti peralatan masak dan sembako.

Sementara itu, Pemerintah Desa Solear, Kecamatan Solear juga masih sibuk mengumpulkan berbagai keperluan dan logistik dari masyarakat untuk warga yang terdampak musibah banjir bandang di Kabupaten Lebak. Aksi tersebut, sebagai bentuk kepedulian warga kepada korban bencana.

“Meskipun kami juga terkena banjir, tetapi beruntung tidak separah di Lebak. Maka itu, kami bersyukur dan tergerak untuk mengirim bantuan kepada saudara-saudara di Lebak,” kata Kepala Desa Solear Mad Romi yang akan menyalurkan bantuan dalam waktu dekat. (mg-04/adm)