Tiga Kobong Ponpes Riyadul Iftida di Rangkasbitung Terbakar

0
874 views

LEBAK – Tiga kobong santri di Pondok Pesantren Riyadul Iftida, Kampung Nyungcung, Desa Sukamanah, Kecamatan Rangkasbitung, ludes terbakar pada Selasa (2/4) sekira pukul 13.30 WIB. Tidak ada korban dalam musibah tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp40 juta lebih.

Pantauan Radar Banten di lokasi, satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Puluhan warga tampak berkerumun menyaksikan proses pemadaman api yang dilakukan petugas Damkar Lebak. Sekira pukul 15.00 WIB, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api dan langsung meninggalkan tempat kejadian perkara.

Pimpinan Ponpes Riyadul Iftida KH Rohim mengatakan, kebakaran yang menghanguskan tiga kobong santri diduga akibat korsleting listrik. Saat kejadian, dia dan para santri sedang mengaji di dalam majelis taklim. Para santri langsung berhamburan keluar ketika melihat api telah membakar sebagian kobong.

“Saat kejadian kami sedang belajar di dalam majelis. Untuk itu, tidak ada yang tahu kejadian kebakaran. Mereka baru tahu ketika api sudah membesar,” kata Rohim kepada wartawan, Selasa (2/4).

Kepala Seksi Damkar Satpol PP Kabupaten Lebak Suparmin mengatakan, setengah jam setelah kebakaran, Satpol PP Lebak menerima laporan dari pemerintah desa. Pihaknya langsung turun ke lapangan, namun api sudah menghanguskan sebagian besar bangunan kobong yang dihuni lima orang santri.

“Ketika kami sampai di sini, api sudah menghanguskan sebagian kobong. Beberapa barang yang ikut terbakar, yakni pakaian, kitab, uang, dan perbekalan para santri. Dugaan sementara, api bersumber dari korsleting listrik,” ungkapnya.((Mastur)