Tiga Menu Sehat Anak Ala Yenny Wahid

0
697 views
Yenny Wahid (Dok.JawaPos.com)

IBU cerdas pasti mengetahui asupan nutrisi bagi anak-anaknya. Pemahaman asupan gizi yang seimbang oleh ibu akan menentukan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Itu pula yang dilakukan aktivis Yenny Wahid yang memiliki daftar menu sehat bagi anak-anaknya, Kamis (16/2).

“Saya sudah mengajari asisten rumah tangga, dan saya memasak pun di rumah itu penting bagi anak-anak harus ada tiga unsur yaitu, karbohidrat, protein, dan serat,” kata putri mendiang Presiden ke-4 Gusdur ini di Kampus Universitas Indonesia (UI), dilansir JawaPos.com.

1. Sayuran

Yenny mengajarkan anak-anaknya wajib makan serat setiap hari. Sayur harus ada dalam menu setiap hari. Tubuh memerlukan serat yang baik bagi pencernaan.

“Anak-anak kita ajari begini, monster itu takut pada anak-anak yang suka sayur. Doktrinnya begitu. Jadi mereka makan sayur supaya enggak didatangi monster. Sayur biasa, kadang salad dicocol pakai bumbu senang juga,” ungkapnya.

2. Jamu

Rupanya, Yenny Wahid tidak melupakan warisan budaya dalam ramuan rempah tradisional yaitu jamu. Kebiasaan sejak zaman leluhur ini diterapkan kepada anak-anak Yenny. Anak-anaknya dibiasakan minum jamu.

“Anak-anak saya itu minum jamu. Kalau sore ada jamu gendong anak-anak dibiasakan minum beras kencur. Supaya sehat ya, sudah biasa lalu sama vitamin,” tuturnya.

3. Batasi Makanan Manis

Yenny membatasi makanan manis bagi anaknya hanya tiga kali dalam sehari. Selebihnya dilengkapi dengan asupan buah-buahan. Aturan tersebut diterapkan disiplin dan sudah dipatuhi anak-anaknya.

“Makanan manis boleh tapi dibatasi. Boleh makan manis tiga kali dalam sehari. Artinya kalau anak makan sepotong permen pagi, siang biskuit satu buah, malam hanya boleh satu wafer. Sisanya buah-buahan boleh,” katanya. (cr1/JPG)