Petugas saat akan membawa orang dengan gangguan jiwa yang diamankan di Kota Cilegon.

CILEGON – Polisi bersama Dinas Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Cilegon mengamankan tiga orang yang diduga mengidap ganguan jiwa, Rabu (14/2). Razia ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) itu dilakukan di sepanjang Jalan Protokol Kota Cilegon.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kota Cilegon, Suherman mengatakan, ODGJ yang ia amankan merupakan hasil razia yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan Satpol PP yang kemudian diserahkan ke pihak Dinsos Cilegon.

Kata dia, razia tersebut untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat di Kota Cilegon. “Penanganan terhadap orang dengan gangguan jiwa dilakukan secara rutin oleh Dinsos Cilegon agar tidak membuat kumuh dan menggangu kenyamanan masyarakat,” ujarnya.

Suherman mengaku ketiga ODGJ tersebut akan diberikan penanganan berupa rehabilitasi. Dinsos Cilegon telah bekerjasama dengan panti rehabilitasi Nururrohman, di Lingkungan Sawah Luhur, Kota Serang untuk menangani penderita gangguan jiwa. Biaya makan dan rehabilitasinya ditanggung oleh pemerintah.

“Para penderita gangguan jiwa yang dikirim untuk menjalani rehab mendapat bantuan pembiayaan dari Pemerintah Kota Cilegon yang dialokasikan dari APBD dengan jumlah anggaran yang terbatas. Jadi penanganan terhadap ODGJ kita lakukan secara bertahap,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)

BAGIKAN