Tiga Parpol Coba Galang Kekuatan Lawan Zaki Iskandar

0
947 views
Ilustrasi.

TANGERANG – Tensi politik jelang Pilkada Kabupaten Tangerang memang naik turun. Namun, belakangan sejumlah partai politik mulai bermanuver. Mereka seakan tengah menggalang kekuatan untuk melawan dominasi petahana A Zaki Iskandar.

Parpol yang mulai intens menjalin komunikasi yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga parpol tersebut dikabarkan secara diam-diam telah menggelar pertemuan untuk membentuk poros koalisi guna melawan Zaki pada pilkada tahun depan.

Terlebih, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tangerang Mukhlis, sebelumnnya menyampaikan kemungkinan tersebut. Jika tidak merapat, maka partainya akan melawan petahana dalam pilkada mendatang.

“Dua kemungkinan itu, kalau tidak merapat (mendukung Zaki-red), ya kita melawan,” kata Mukhlis. Ia pun memastikan, partainya mulai intens melakukan komunikasi dengan partai lain untuk mengambil sikap dalam pilkada ini.

Koalisi dengan partai lain, kata dia, sangat diperlukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang muncul. “Kalau seandainya nanti kita melawan petahana, jelas harus koalisi dengan partai lain. Karena kami sadar, kami tidak bisa mengusung sendiri calon tanpa melakukan koalisi,” imbuhnya.

Bak gayung bersambut, Partai Gerindra dan PAN pun melempar sinyal dukungan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tangerang Topari, yang sebelumnya terang-terangan siap meramaikan bursa pilkada.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tangerang Hendra, dikabarkan siap untuk mengusung Topari sebagai calon kepala daerah lima tahun ke depan. Terlebih, kedua partai tersebut memiliki kesepahaman untuk memberikan warna politik dalam memajukan Kabupaten Tangerang.

Saat dikonfirmasi Radar Banten, Hendra mengaku baru melakukan komunikasi politik dengan PDIP. Terkait kabar bahwa partainya mendukung Topari, Hendra mengaku akan menyerahkan sepenuhnya kepada instruksi DPP sebagai syarat mutlak untuk mendukung calon kepala daerah.

“Belum ada dukung mendukung, kami baru komunikasi politik ajalah agar Pilkada Kabupaten Tangerang ada geliatnya, kita saling komunikasi. Tapi baru silaturahmi aja,” kata Hendra.

Lebih jauh Hendra kembali menegaskan, bahwa partainya siap tampil untuk meramaikan pemilihan kepala daerah dan juga siap untuk duduk bareng memberikan sumbangsih demi memajukan Kabupaten Tangerang
Gemilang.

Sementara Ketua DPD PAN Kabupaten Tangerang Agus Kurnia membenarkan perihal adanya pertemuan dengan kedua partai tersebut. Meski begitu, Agus belum mau terbuka soal hasil pertemuan tersebut.

“Kita memang diundang dan komunikasi biasa saja antarketua parpol. Belum ada dukung mendukung. Begitu juga dengan parpol lain, kita selalu berkomunikasi untuk kebaikan Kabupaten Tange rang,” ujarnya. (Hendra/RBG)