Tiga Pecandu Sabu-sabu Diciduk Satresnarkoba Polres Serang

0
79
ilustrasi (foto: istimewa)

SERANG – Tiga orang pengonsumsi narkoba diciduk petugas Satresnarkoba Polres Serang di lokasi berbeda, Minggu (26/8). Barang bukti berupa tiga paket sabu-sabu, alat isap sabu-sabu atau bong, ponsel, dan bungkus rokok disita polisi dari ketiga pelaku.

Ketiga pecandu sabu-sabu itu ialah Sopian Hadi (37), Samsul alias Ayung (39), dan Andi Mustika (24). Sopian Hadi diringkus di pinggir jalan Kampung Pandawa, Desa Renged, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang. Dari tangan lelaki asal Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, itu diperoleh satu paket sabu-sabu.

Polisi kemudian menangkap Ayung di halaman sebuah minimarket di Desa Plawad, Kecamatan Ciruas. Satu paket sabu-sabu dan bong diamankan dari warga Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Disusul penangkapan terhadap Andi dari rumah kontrakannya di Kampung Baru, Desa/Kecamatan Kibin. “Ketiganya ditangkap tanpa ada perlawanan. Barang bukti dari masing-masing tersangka sebanyak satu paket sabu-sabu serta alat isap,” ungkap Kapolres Serang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Indra Gunawan, Kamis (30/8).

Pemasok sabu-sabu untuk ketiga pelaku telah dikantongi polisi. Pengedar narkotika golongan satu itu masih menjadi buruan polisi. “Identitas pengedar sudah didapat, hanya saja kita tidak sebutkan karena untuk memudahkan penangkapan,” kata Indra didampingi Kasatresnarkoba Polres Serang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Nana Supriyatna.

Indra berharap jajarannya dapat segera mengungkap pemasok sabu-sabu untuk ketiga orang tersangka itu. “Ketiga tersangka menyembunyikan barang bukti sabu dengan cara yang berbeda. Ada yang disembunyikan dalam saku, dompet, bahkan bungkus rokok,” terang Indra.

Diketahui, sabu-sabu merupakan salah satu jenis narkotika berbentuk seperti kristal. Barang haram itu biasanya dikonsumsi dengan membakar kristal yang dibungkus alumunium dalam sebuah pipa. Kemudian mengisap uap hasil pembakaran melalui sebuah alat yang dinamakan bong.

Sama seperti narkotika jenis lain, mengonsumsi sabu-sabu memiliki banyak efek negatif. Di antaranya, bisa gelisah dan tidak bisa tenang, gangguan kecemasan, depresi, paranoid atau ketakutan yang berlebihan, serta halusinasi. Itu belum termasuk dampak negatif berupa gangguan kesehatan dan lainnya. (Merwanda/RBG)