Tiga Pencuri Ponsel di Pandeglang Diamankan

0
106
ILUSTRASI (PIXABAY.com)

PANDEGLANG – Tiga warga Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang bernama Adung bin Handa (45), warga Kampung Margarasa, Desa Bojong; Juhaedi (26) alias Ompong, warga Kampung Sukatani, Desa Mekarsari; dan Upon (30), warga Kampung Pamatang Buah, Kecamatan Bojong diamankan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pandeglang Minggu (8/7) dini hari, karena mencuri ponsel milik Aab Abdul Wahab.

Kasat Reskrim Polres Pandeglang AKP Oka Nurmuliya Hayatman menerangkan, penangkapan para pelaku itu bermula ketika anggotanya berhasil menangkap salah seorang pelaku bernama Juhaedi alias Ompong, kemarin pagi di Kampung Leuwilimus, Desa Bojong, Kecamatan Bojong. “Setelah dilakukan pemeriksaan Juhaedi alias Ompong memberikan keterangan bahwa satu buah handphone tersebut didapat dari Adung. Kita kemudian langsung mengejar dan menangkap Adung pada Minggu sekira pukul 05.30 WIB di Kampung Margasara, Desa Bojong, Kecamatan Bojong,” katanya, kemarin.

Dia mengaku, saat dilakukan pemeriksaan, pelaku mengaku bahwa ponsel yang diberikan kepada Juhaedi itu didapat dari hasil membobol rumah dan toko di Kampung Cimanggu, Desa Citumenggung, Kecamatan Bojong beberapa waktu lalu. “Anggota kita kemudian melakukan penggeledahan ke rumah pelaku dan berhasil mengamankan barang bukti dua bal rokok kretek, satu pahatan yang digunakan untuk mencongkel jendela, dan satu penutup wajah,” terangnya.

Oka menerangkan, modus operandi yang dilakukan para pelaku adalah dengan cara mencongkel jendela samping rumah korban menggunakan pahatan, dan menggeser lemari es karena menutupi jendela yang dibongkar oleh tiga tersangka. “Mereka mencongkel kemudian masuk dan mengambil ponsel milik korban. Kita masih melakukan pendalaman dan memintai keterangan kepada para pelaku mengenai aksi yang dilakukannya itu,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono menegaskan, para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara. “Para pelaku terbukti melakukan pencurian dengan pemberatan, karena membobol salah satu rumah warga dan mengambil barang milik penghuni rumah. Hukuman untuk para pelaku adalah lima tahun kurungan penjara,” katanya. (Adib F/RBG)