Tiga Ruang Kelas SMPN 10 Cilegon Terbakar

0
207 views
Kondisi tiga ruang kelas SMPN 10 Cilegon yang terbakar, Senin (5/8).

CILEGON – Tiga ruang kelas SMPN 10 Kota Cilegon di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon terbakar, Senin (5/8). Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Kepala SMPN 10 Kota Cilegon Naziah menjelaskan, api diketahui membakar ruang kelas sembilan B, C, dan D itu sekira pukul 15.00 WIB usai aktivitas belajar mengajar. Api pertama kali diketahui saat pintu kelas akan dikunci oleh penjaga sekolah. Cuaca panas, dan hembusan angin kencang membuat api cepat membesar dan melahap atap dan isi ruang kelas yang didominasi berbahan dasar kayu.

Sambil menunggu pemadam kebakaran datang, Naziah bersama guru, penjaga sekolah, sejumlah murid dan masyarakat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Kondisi kontur tanah perbukitan dan ruang kelas berada di dataran paling tinggi membuat proses pemadaman mengalami kesulitan.

Naziah mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun ia menyangsikan penyebabnya hubungan pendek arus listrik karena saat itu kondisi aliran listrik sedang padam.

Ditanya kerugian, ia mengaku belum bisa menaksir. Peristiwa itu sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon. “Kami berharap bisa kembali dapat bantuan, dibangun lagi,” ujarnya.

Kasi Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cilegon Ipan Zainudin menjelaskan, untuk memadamkan api pihaknya mengerahkan enam personel dan dua unit mobil pemadam.

Damkar membutuhkan waktu untuk datang ke lokasi karena sejak Sabtu (3/8) personel Damkar sedang fokus mengatasi kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung di Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon. “Ini dari TPSA, kita tarik ke sini,” ujarnya.

Karena listrik padam, ia menduga penyebab kebakaran akibat dari terbakarnya ilalang atau persoalan lain. Saat kemarau ilalang mudah terbakar, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar ilalang atau membakar sampah di dekat ilalang. (Bayu Mulyana)