Tiga Rumah dan Mobil Warga di Ciracas Dibakar Sosok Misterius

Warga melihat kondisi mobil yang dibakar oleh orang yang tidak dikenal di Perumahan Ciracas Indah, Blok A, Kota Serang, Selasa (27/3).

SERANG – Aksi teror menghantui warga Perumahan Ciracas Permai, Kelurahan/Kecamatan Serang, Kota Serang. Warga dilanda ketakutan akibat aksi pembakaran yang dilakukan oleh sosok misterius. Hingga kemarin, polisi belum berhasil menangkap pelaku.

“Ada semacam teror. Total sudah ada tiga rumah (pagar-red) dan dua mobil yang dibakar,” kata Mujeli Asli Rahim (66) saat ditemui di kediamannya di Perumahan Ciracas Permai, Selasa (27/3).

Aksi pembakaran terakhir terjadi pada Selasa (27/3). Spanduk yang menutupi pagar rumah milik warga bernama Kowo dibakar oleh orang tidak dikenal. Beruntung pemilik rumah terbangun lantaran bau plastik terbakar yang menyengat.

“Awalnya rumah Pak Kowo yang dibakar, sekitar jam dua malam lebih. Spanduk di pagar rumahnya terbakar habis sampai hampir kena kulkas,” tutur Mujeli.

Kebakaran itu membuat Kowo panik. Dibantu kerabatnya, Kowo berusaha memadamkan kobaran api dengan menyiramkan air ke pagar rumah. Secara bersamaan, saat itu Kowo juga melihat kobaran api di depan kediaman Mujeli. “Dia (Kowo-red) lihat ke atas, ternyata ada mobil terbakar. Langsung kasih tahu ke saya,”  kata pensiunan PT Krakatau Steel (KS) itu.

Mujeli terbangun. Dia mendapati mobil Daihatsu Charade miliknya yang diparkir sudah terbakar. Suara ribut membuat warga sekitar terbangun. Mujeli bersama warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Setelah hampir satu jam, kobaran api berhasil dipadamkan.

Beruntung kobaran api itu tidak sempat menyambar tangki mobil bernopol A1146 AE tersebut. “Orang itu bakar selimut (mobil-red) dulu. Pas diperiksa ada bau bensin. Cuma bekasnya enggak ada,” kata Mujeli.

Aksi pembakaran itu langsung dilaporkan warga ke Mapolsek Serang. Setelah api padam, polisi datang ke lokasi kejadian. “Pak Bagyo (anggota polisi-red) yang laporan. Jam empat seperempat polisi, reserse datang. Polsek Calung, ” kata Mujeli.

Seusai api dipadamkan, baru diketahui, saat hampir bersamaan dua unit rumah milik warga sekitar juga menjadi sasaran pembakaran. “Rumah Pak Ade dan Pak Rohman. Sama di Perumnas juga, di Blok A dibakar,” kata Mujeli.

Dikatakan Mujeli, satu pekan sebelumnya, aksi pembakaran juga menimpa mobil milik warga sekitar. Ban cadangan mobil Suzuki Katana milik warga bernama Zulkifli dibakar orang tidak dikenal. “Ada juga jemuran punya warga yang dibakar,” tutur Mujeli.

Akibat teror tersebut, warga sempat mengadakan rapat untuk mengaktifkan kembali kegiatan siskamling. Belum sempat kegiatan tersebut aktif, warga kembali menerima teror aksi pembakaran. “Habis kejadian itu, kami rapat untuk mengadakan siskamling. Tapi, belum terbentuk sudah kejadian lagi. Ada satu orang dicurigai parkir di depan sekolah, pas disamperin langsung kabur,” kata Mujeli.

Kanitreskrim Polsek Serang Inspektur Polisi Dua (Ipda) Juwandi mengatakan, kasus pembakaran mobil dan rumah warga Perumahan Ciracas Permai masih diselidiki. “Masih diselidiki,” kata Juwandi. (Merwanda/RBG)

BAGIKAN