Tiga Rumah Rusak Akibat Longsor

0
311 views
Sejumlah warga melihat dampak longsor di Kampung Tipar, Desa Lebaktipar, Kecamatan Cilograng, Sabtu (7/11).

CILOGRANG – Sebanyak tiga rumah, di Kampung Tipar, Desa Lebaktipar, Kecamatan Cilograng rusak akibat longsor tembok pada Sabtu (7/11) pukul 14.45 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam ambruknya tembok penahan tanah (TPT) tersebut, tetapi kerugian materil akibat itu mencapai lebih dari Rp35 juta.

Informasi yang didapat, sebelum longsor terjadi hujan deras di wilayah Kecamatan Cilograng dan sekitarnya terjadi. Sekira 14.40 WIB terlihat ada tanda-tanda TPT milik Tusyani akan longsor. Karena itu, pemilik rumah yang ada di bawah tebing langsung mengungsi.

Kepala Desa (Kades) Lebaktipar Yayat mengatakan, longsor yang terjadi di wilayahnya merusak tiga rumah warga, yakni rumah milik Rumsih (73), Ansory (37), dan Idam Gunawan (35).

Dinding rumah mereka jebol dan tertimbun reruntuhan TPT yang longsor. Akan tetapi, kerusakan tidak terlalu parah dan sekarang masih dalam proses pembersihan oleh korban dibantu masyarakat setempat.

“Ada tiga rumah yang terdampak longsor pada Sabtu siang. Sekarang material longsor masih dibersihkan pemilik rumah dibantu para tetangga,” kata Yayat kepada Radar Banten di Cilograng, kemarin.

Yayat mengaku, sudah melaporkan peristiwa tersebut kepada Camat Cilograng dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun, hingga saat ini belum ada bantuan tanggap darurat yang diberikan.

“Untuk bantuan belum ada yang diterima para korban. Mungkin karena sekarang hari libur sehingga BPBD belum menyalurkan bantuan kepada korban di Lebaktipar,” katanya.

Yayat mengatakan, selain makanan, para korban longsor juga berharap bantuan bahan bangunan untuk perbaikan rumah mereka yang rusak. “Kasihan masyarakat, mereka merupakan warga kurang mampu yang membutuhkan uluran dari pemerintah dan kita semua,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Ajis Suhendi membenarkan, telah terjadi bencana longsor yang merusak tiga unit rumah di Lebaktipar, Cilograng.

Relawan BPBD di Kecamatan Cilograng sudah diterjunkan ke lokasi untuk membantu korban membersihkan material longsor.

“Laporan soal longsor di Cilograng sudah masuk. Kita langsung tindaklanjuti dengan menerjunkan relawan untuk membantu korban,” ungkapnya.

Ajis mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman banjir dan longsor di musim penghujan. Tidak hanya itu, di Lebak juga beberapa kali diguncang gempa dan diterjang angin puting beliung.

“Prinsipnya kita harus waspada terhadap ancaman bencana alam di musim penghujan,” katanya. (tur/zis)