Tiga Wisatawan Jakarta Terseret Ombak

0
1.892 views

CIHARA – Tiga orang wisatawan asal Pasar Rebo, Jakarta Timur, terseret ombak di Pantai Cibobos, Desa Karangkamulyaan, Kecamatan Cihara, pada Jumat (1/1/2021).

Dua orang wisatawan, Prodi Prasetiyo (20) dan Rizki Setiawan (17) berhasil diselamatkan, sedangkan Handian Ahmad Faisal (20) hilang dan ditemukan tewas oleh nelayan pada Minggu (3/1/2021).

Informasi yang dihimpun Radar Banten, wisatawan asal Jakarta itu tiba di Lebak selatan pada Rabu (30/12/2021).

Tiga orang wisatawan ini kemudian ke Pantai Karang Beurem dan jalan kaki hingga ke Pantai Cibobos.

Di pantai tersebut, ketiganya berenang, lalu terseret ombak besar. Prodi dan Rizki dapat diselamatkan masyarakat, sedangkan Handian Ahmad Faisal hilang tenggelam.

Tim search and rescue (SAR) dari Basarnas Banten, pihak kepolisian, TNI, PMI, Tagana, dan masyarakat kemudian melakukan upaya pencarian.

Namun, proses pencarian korban sempat mengalami kendala gelombang tinggi di pesisir pantai di Lebak selatan. Tapi, pencarian tetap dilakukan dengan menyusuri pantai di Kecamatan Cihara dan sekitarnya. Pada hari ketiga pencarian, nelayan berhasil menemukan jasad Handian Ahmad Faisal tiga kilometer dari lokasi tenggelam.

Mereka kemudian membawa jenazah tersebut ke pantai dan selanjutnya dibawa ke RSUD Malingping.

Pandi Sopandi, Tagana Koordinator Wilayah Lebak selatan, mengatakan, wisatawan yang hilang di Pantai Cibobos telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Lokasi penemuan jenazah wisatawan tersebut kurang lebih tiga kilometer dari tempat tenggelam. Para nelayan langsung membawa korban ke tepi pantai.

“Sudah, sudah kita temukan. Bahkan, jenazah kita evakuasi ke RSUD Malingping untuk dilakukan visum luar,” kata Pandi kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, pencarian korban dilakukan di laut dan tepi pantai. Bahkan, masyarakat di sekitar pantai ikut serta mencari korban. Namun, proses pencarian baru menemukan hasil di hari ketiga. Korban ditemukan dalam posisi terapung di laut dengan pakaian masih melekat di tubuh.

“Dari RSUD Malingping, korban dibawa keluarga dan rekan-rekannya ke Jakarta untuk dimakamkan,” terangnya.

Kasubsi Operasi dan Siaga Basarnas Banten Heru Amir membenarkan, wisatawan yang hilang di Pantai Cibobos pada awal tahun baru telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Lokasi penemuan beberapa kilometer dari tempat dia tenggelam. “Jenazah akan langsung dibawa ke Jakarta oleh pihak keluarga. Dengan demikian, operasi SAR di wilayah Lebak selatan dihentikan,” katanya. (tur/zis)