Tilap Dana BLT Rp 14 Juta, Mantan Kades Marga Tirta Ditangkap Kejari Lebak di Carita

LEBAK – Suparman, mantan Kepala Desa Marga Tirta, Kecamatan Cimarga, ditangkap Kejaksaan Negeri Lebak di Kampung Tangkil, Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Jumat (16/3) sekira pukul 18.00 WIB.

SM masuk daftar pencarian orang (DPO) semenjak keputusan Mahkamah Agung pada tahun 2010, lantaran telah menyalahgunakan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 14.700.000 pada tahun 2006.

Kasi Tindak Pidana khusus (Pidsus) Kejari Lebak Dodi Wiraatmaja mengatakan, SM sudah buron selama delapan tahun semenjak keputusan MA bahwa SM telah menyalahgunakan dana BLT pada tahun 2006 sebesar Rp 14 juta lebih.

“Setelah mempunyai hukum tetap pada tahun 2010, SM dalam pelariannya sering berpindah-pindah tempat dan berganti KTP. Hingga akhirnya kita berhasil menangkap SM di wilayah Kecamatan Carita, Pandeglang,” katanya di Kantor Kejaksaan Lebak, Jumat (16/3) malam.

Dodi mengaku, dalam proses penangkapan tim Pidsus melakukan pengintaian selama dua minggu.

“Kita lakukan pengintaian pertama di kediaman pertamanya di Desa Marga Tirta, Kecamatan Cimarga dan akhirnya mendapatkan informasi bahwa terpidana berada di wilayah Kecamatan Carita,” ujarnya.

Menurut Dodi, berdasarkan putusan MA terpidana terjerat satu tahun penjara dengan denda Rp 50 juta dan subsider 6 bulan. (Omat/twokhe@gmail.com).