Tim Fahmil Quran Putri Melaju ke Babak Semifinal

0
484 views
Tim musabaqah Fahmil Quran putri dari Banten bersama pembina dan ofisial usai berlomba di kampus Universitas Negeri Padang, Selasa (17/11).

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII di Padang, Sumatera Barat, hingga Selasa (17/11) masih tahap babak penyisihan. Dari delapan cabang lomba dengan 48 golongan lomba, kafilah Banten sudah mengikuti 36 golongan lomba pada babak penyisihan yang dilaksanakan sejak Minggu (15/11).

Laporan: Aas Arbi Syahrostani – Padang

Hasil pemantauan dari  perolehan nilai sementara babak penyisihan, beberapa golongan lomba ada yang berpotensi masuk babak semifinal. Khusus cabang musabaqah Fahmil Quran yang menggunakan sistem nilai terbuka, tim putri Banten sudah mengantongi tiket semifinal. Pada babak penyisihan grup, Selasa (17/11), tim fahmil Quran putri terdiri atas Nurul Fadilah, Aysyah Shaima, dan Fayza Maulidia memperoleh nilai 1.020 mengalahkan tim Riau (905) dan Kalimantan Tengah (765). Sementara tim putra kalah pada babak penyisihan Senin (16/11).

Untuk cabang lomba lain yang penilaiannya dilakukan oleh dewan hakim, yang berpotensi masuk semifinal yaitiu tilawah anak-anak putra (M Zaki Fathurrahman), Qiroat Sab’ah Murattal Remaja Putri (Wiji Lestari), Hifzdil Quran 5 Juz dan Tilawah Putri (Sumayyah el-Khansa), dan tafsir Quran bahasa Arab putra (Umar Abdullah Syarif).

“Semoga perolehan nilainya tidak tergeser peserta lain karena babak penyisihan masih berlangsung. Pengumuman resmi hasil babak penyisihan untuk semua cabang dan golongan lomba pada Rabu  (18/11) malam,” jelas Uesul Qorni, Sekretaris Kafilah Provinsi Banten, Selasa (17/11).

Uesul Qorni menambahkan,  pada Rabu (18/11) kafilah Banten akan mengikuti babak penyisihan 12 golongan lomba. “Banten ikut di semua cabang dan golongan lomba. Total ada 48 lomba,” ungkap Ues.

Untuk memaksimalkan penampilan semua peserta, lanjut Ues, setiap pagi usai salat Subuh berjamaah melakukan evaluasi bersama para pembina dan ofisial. “Setelah keluar hasil penilaian babak penyisihan, peserta yang masuk babak semifinal dan yang langsung final harus bersiap melakukan lomba lagi. Latihan dan bimbingan terus dilakukan di hotel tempat menginap agar maksimal hasilnya dan masuk babak berikutnya,” ungkap Ues.

Sementara itu, Ketua Kafilah Provinsi Banten, Sholeh Hidayat memantau langsung proses jalannya lomba di setiap cabang. “Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Wagub dan melaporkan perkembangan MTQ, termasuk kesehatan kafilah. Saya juga memberikan laporan perkembangan MTQ ke Pak Gubernur,” kata Sholeh.

Sholeh mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Banten, baik yang menonton melaui kanal YouTube maupun yang datang langsung ke Padang saat kafilah Banten bertanding.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Tangsel dan LPTQ Tangsel yang sudah datang ke Padang,” kata Sholeh.

Kemarin, rombongan dari Pemkot Tangsel dan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tangsel menonton dan memberikan dukungan saat tim musabaqah syarhil Quran dari Banten (Naufal Asyraf Hamid, Rey Syech Jehan Effendi, dan Maulana Aban Najwa) tampil pada babak penyisihan di kampus UIN Imam Bonjol, Padang. Aplaus dari warga Banten yang hadir menambah semangat tim syarhil Quran saat tampil dengan membawakan tema Mempersiapkan Kualitas SDM Handal di Era Global selama 18 menit 30 detik. Bahkan menyalami dan foto bersama usai tim syarhil Quran turun dari panggung lomba. (air)