Tim Gegana Berhasil Jinakkan Mortir Aktif, Warga Lega

Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Banten saat menjinakkan mortir aktif yang ditemukan warga
Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Banten saat menjinakkan mortir aktif yang ditemukan warga

SERANG – Tim dari Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Banten telah berhasil menjinakkan dan mengevakuasi mortir aktif yang ditemukan salah seorang warga Kampung Cirendong, RT 01 RW 08, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Senin (11/1/2016) Pukul 16.30 WIB.

Jibom menjinakkan mortir tersebut dengan cara membungkus badan mortir produk Belgia itu lalu memasukkannya ke dalam kemasan bekas botol air mineral, kemudian dimasukkan lagi ke alat peredam ledakan. Warga yang penasaran, memenuhi jalannya proses penjinakkan mortir. Merekapun lega setelah mengetahui bom sudah dijinakkan.

Baca Juga : Geger! Kuli Bangunan Tak Sengaja ‘Cangkul’ Mortir Aktif

Usai memasukan mortir tersebut, Tim Jibom Brimob Polda Banten langsung membawa mortir ke Markas Komando (Mako) Brimob Polda Banten. “Kalau mengenai diledakan atau disposal itu kewenangan pihak Jibom (penjinak bom) dan Jihandak (penjinak bahan peledak) Brimob. Kami sudah mengamankan lokasi dan memasang garis polisi di lokasi,” ujar Kapolres Serang AKBP Nunung Syaifuddin saat akan meninggalkan lokasi kejadian, Senin (11/1/2016).

Usai mengevakuasi mortir produk tahun 1979 itu, pihak Gegana Brimob Polda Banten langsung menyisir lokasi ditemukannya mortir aktif tersebut. Pihak Brimob Polda Banten melakukan penyisiran ini karena dikhawatirkan masih ada mortir atau bahan peledak lain yang masih tersisa di lokasi kejadian. (Wahyudin)