Tim Juri: Balekambang Jauh Lebih Bagus

CIOMAS – Lingkungan RW 02, Kampung Balekambang, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas, mengalami banyak perubahan. Pada penilaian tahap kedua, Jumat (6/12), kondisi lingkungan kampung ini membuat tim 1 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 merasa senang.

“Dibanding penilaian tahap pertama, sekarang lingkungan Balekambang jauh lebih bagus,” kata anggota tim juri dari Polda Banten, Iptu Tata Sutara, menilai.  Kerja keras warga Balekambang menata kampung, lanjutnya, sudah menunjukkan hasil maksimal.

Perubahan Balekambang tidak hanya terlihat pada lingkungannya yang semakin bersih. Ini terjadi karena, dua tong sampah, warna hijau untuk sampah organik dan warna kuning untuk sampah nonorganik, telah disediakan. Dua tong sampah itu ditempatkan di setiap jarak lima rumah warga.

Saluran irigasi di kampung ini pun bersih sehingga airnya lancar. Sampah tidak lagi mengotori saluran air pertanian tersebut. Kebersihan Balekambang ini mencerminkan kesadaran warganya untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat mulai tumbuh.

Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di kampung ini pun meningkat. “Sudah saya cek dengan menanyakan langsung kepada ibu-ibu yang sedang duduk di teras rumah. Mereka lebih jujur dalam memberi keterangan. Hasilnya bagus. Aman, dan gotong royongnya aktif,” ungkap Tata. “Pos rondanya juga lengkap. Cuma tinggal dibuat permanen saja,” tambahnya.

Kepala Desa Sukadana Muheli AK menyambut baik kedatangan tim 1 juri LKBA untuk melakukan penilaian kedua. “Kita memang sudah rencanakan secara matang, baik lingkungannya maupun pertunjukan seni tradisi untuk menyambut juri,” ujarnya.

Kemarin, warga Balekambang kembali menyiapkan acara penyambutan untuk tim juri. Di gerbang masuk kampung, ibu-ibu kader Posyandu Teladan 2 dan PKK Desa Sukadana berseragam batik kuning mengawali penyambutan dengan alat musik rudat kasidah. Di tengah perkampungan, tim juri disambut lagi dengan penampilan silat serta atraksi debus oleh Perguruan Balekambang Jaya.

Muheli menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Ratu Tatu Chanasah yang telah menyelenggarakan LKBA bersama Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064/Maulana Yusuf Serang. “Kita akan terus tingkatkan kebersihan dan keamanan di lingkungan Desa Sukadana, agar warga menjadi aman dan nyaman,” pungkasnya. (mg06/don/ags)