Tim Juri: Penataan Pontanglegon Meningkat

TIRTAYASA – Penataan lingkungan RT 03 RW 001, Kampung Pontanglegon, Desa Pontanglegon, Kecamatan Tirtayasa, dinilai meningkat. Hal itu diketahui saat tim 7 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang mengunjungi perkampungan ini untuk penilaian tahap kedua, Senin (16/12).

Pantauan Radar Banten, kedatangan tim juri disambut Kepala Desa Pontanglegon Khaerudin bersama jajarannnya. Berbeda dengan penilaian tahap pertama pada November lalu, sekarang anak-anak sekolah dan ibu-ibu anggota PKK Desa Pontanglegon terlihat antusias menyambut dan mengiringi kedatangan tim juri.

“Jadi, secara umum sudah bagus. Penataannya meningkat,” ujar koordinator tim 7 Mayor Infantri Uung Nugraha kepada Radar Banten.

Di penilaian tahap kedua ini, kata Uung, pihaknya melakukan pengecekan rumah per rumah. Yang tadinya tidak memiliki tong sampah, sekarang ada di tiap-tiap gang. Begitu pun dengan pot bunga. Yang tadinya tidak ada bunga, sekarang ada. “Inovasinya juga ada. Gambar-gambar yang bermanfaat bisa dilihat anak-anak,” terangnya.

Namun, peralatan pos ronda di Pontanglegon masih perlu ditambah. Ke depan, kata Uung, sarana dan prasarana penunjang keamanan dan kebersihan di kampung ini harus lebih ditingkatkan. “Tentunya, kebersihan dan keamanan harus terus ditingkatkan, tidak hanya sekedar lomba saja,” imbaunya.

Tim juri lainnya, Agus Hermawan, mengakui bahwa penyambutan warga antusias di penilaian tahap kedua. “Alhamdulillah, kondisi kampung lebih bersih dan tertata. Ibu-ibu PKK dan anak-anak juga antusias,” ujarnya. “Peningkatan terlihat dari adanya tong sampah. Sedangkan yang lainnya, sudah tertata sejak awal,” imbuhnya.

Kepala Desa Pontanglegon Khaerudin membenarkan jika penambahan penataan kampung adalah tong sampah dan pot bunga. Ia pun berharap, hal itu menjadi poin tambahan dalam penilaian. “Alhamdulillah, berkat swadaya masyarakat ada penambahan pada tong sampah dan pot bunga,” terangnya. (fdr/don)