Timpora Cilegon Sidak WNA di Komplek Damkar

0
98

CILEGON – Puluhan warga negara asing (WNA) asal Korea Selatan diperiksa oleh Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kota Cilegon, Selasa (10/10). Inspeksi mendadak ini berlangsung di tempat mess WNA yang berada di Komplek Damkar, Blok G, Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon.

Wira Zulfika, Kasubsi Pengawasan pada Imigrasi Kota Cilegon, mengatakan sidak yang dilakukan dalam bentuk pengawasan kepada tempat tinggal WNA yang berdomisili di Cilegon. “Terutama di mess-mess. Kita dapati semua masalah keimigrasiannya telah lengkap, telah clear,” katanya.

Dijelaskannya, tidak sampai pada kelengkapan dari imigrasi, Timpora juga memeriksa kelengkapan surat administrasi seperti seperti Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT), dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). “Tinggal dari administrasi yang lain seperti dari Disdukcapil, kepolisian dan lainnya. Itu sedang dalam pendataan,” ujarnya.

Dia mengaku akan lebih meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan WNA di Cilegon. “Bukan hanya di sini, tapi juga di tempat-tempat yang banyak ditempati orang asing,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon Soleh mengungkapkan mess yang disidak kali ini menurut data ada sebanyak 47 WNA yang menempatinya. Dua di antaranya masih dalam proses pembuatan surat izin dan surat tanam lapor. 45 diantaranya telah lengkap.

“Dari Januari sampai Oktober ini, jumlah keselurahan WNA yang ada di Cilegon ada sebanyak 908 orang,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)