Tingkat Kepatuhan Penyampaian SPT Pajak di Banten Masih Rendah

Rano Karno
Gubernur Banten pada apel Sensus Ekonomi 2016 di halaman Masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Kota Serang.

SERANG – Tingkat kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak di Provinsi Banten masih rendah, yaitu pada angka 594.839 SPT atau 49,7 persen dari target 1,19 juta SPT. Hal tersebut diungkapkan Plh. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten Imam Arifin.

“Dengan rincian penyampaian SPT PPh (Pajak Penghasilan) orang pribadi sebanyak 565.923 SPT atau 49,51 persen, dan SPT PPh Badan sebanyak 29.566 atau 54 persen,” ujar Imam, Senin (7/3/2016).

Masih menurut Imam, agar masyarakat wajib pajak mudah melakukan pembayaran pajak, DJP mempunyai program e-Filing dimana para wajib pajak bisa membayar pajak secara online. “Hari ini, Gubernur Banten (Rano Karno,red) menyampaikan SPT tahunan PPh orang pribadi tahun pajak 2015 dengan fasilitas e-Filing, semoga ini bisa jadi tauladan dan diikuti oleh masyarakat lain,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Banten, Rano Karno saat ditemui setelah menyampaikan SPT tahunan dengan e-Filing di Pendopo Gubernur KP3B, mengatakan, di zaman yang memerlukan serba cepat ini, e-Filing merupakan suatu keharusan, karena dinilai sangat efisien dan memudahkan wajib pajak.

“Dalam era digitalisasi ini yang namanya “e” (electronic,red) itu sangat efektif karena bisa memberikan percepatan, program ini sudah dua tahun dan sangat membantu, untuk mencapai target pajak,” ujarnya. (Bayu)