Tingkatkan Brand Awareness BPJS Ketenagakerjaan

0
96 views
Kepala Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Agus Kurniawan

SERANG – Kepala Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Agus Kurniawan mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan brand awareness BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat. Secara internal, tugas ini melekat pada person in charge (PIC) komunikasi, yang sekaligu menjadi duta informasi manfaat program.

“Tantangannya adalah institusi kami selalu bertarung dengan asumsi masyarakat bahwa dua institusi BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan memberikan layanan yang sama. Padahal baik layanan dan manfaat kedua institusi yang kembar nama depan ini sangat berbeda. BPJS Ketenagakerjaan berfokus untuk melindungi tenagakerja dari risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua, dan pensiun. Sementara BPJS Kesehatan memberikan layanan di luar kategori BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Agus saat berbincang-bincang mengenai program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Agus mengungkapkna, pihaknya saat sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada perkumpulan masyarakat, namun pada sesi tanya jawab ada saja warga yang menanyakan bagaimana caranya untuk pindah fasilitas kesehatan. Seharusnya pertanyaan tersebut dilayangkan kepada BPJS Kesehatan. “Makanya BPJS Ketenagakerjaan mengemas manfaat program lebih kreatif dan membuat konten yang mudah dicerna oleh masyarakat supaya masyarakat paham dan bisa membedakan,” katanya, Kamis (17/6).

Hal lain yang dilakukan untuk menyosialisasikan program dan manfaatnya, kata Agus, antara lain menggunakan media massa, baik media cetak atau online, bahkan menggunakan media sosial. “Kami publish santunan jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan juta,” ungkap Agus.

Kata Agus, itu bukan sebagai pencitraan, tapi dengan informasi tersebut masyarakat dapat mengenal BPJS Ketenagakerjaan dan programnya. Ketika pekerja mengalami musibah, ahli waris dan keluarga yang ditinggalkan tidak telantar karena mendapatkan santunan. (aas)