Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, DPRD Banten Gelar Forum Dialog

DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten
Suasana acara Forum Dialog Pimpinan DPRD Provinsi Banten di Ratu Bidakara Hotel, Kota Serang, Rabu (20/1/2016).

SERANG – Untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan di wilayah Provinsi Banten, Sub-Bagian Layanan Aspirasi Masyarakat Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Banten menggelar acara Forum Dialog Pimpinan DPRD Provinsi Banten di Ratu Bidakara Hotel, Kota Serang, Rabu (20/1/2016). 

Menjadi salah satu pengisi forum dialog, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Muflikhah mengatakan, saat ini DPRD melalui Panitia Khusus (Pansus) tengah menyelesaikan pembahasan Pembentukan Raperda tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Raperda ini merupakan prakarsa DPRD Provinsi Banten, dengan tujuan untuk melindungi dan memberdayakan masyarakat agar nilai tambah pendapatan masyarakat meningkat, sehingga terbentuk keseimbangan kesenjangan sosial antara masyarakat perdesaan dengan perkotaan,” kata Muflikhah, saat menjadi narasumber di kegiatan yang bertema “Penguatan Ekonomi Kerakyatan” tersebut.

Muflikhah melanjutkan, untuk penguatan kelembagaan koperasi dan UMKM tersebut, Pemerintah Provinsi Banten melalui Perda Nomor 3 Tahun 2013, sudah memberikan penjaminan kredit daerah Banten. 

“Karena itu, kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan satu rumusan untuk meningkatan perekonomian mikro di tingkat pedesaan dalam menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” ujarnya.

Sementara itu, dari data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, jumlah koperasi di Provinsi Banten saat ini sebanyak 6.530 koperasi, sedangkan jumlah UMKM di Provinsi Banten sebanyak 984.118 UMKM. (DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)