Tingkatkan Kualitas Atlet Taekwondo, Pengcab TI Kota Serang Gelar UKT

Pengcab TI Kota Serang
Pelatih taekwondo memberikan contoh kepada peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat. (Foto: Banten Raya)

SERANG – Sebanyak 497 peserta taekwondo yang tersebar di 12 klub Taekwondo Indonesia (TI) Pengcab Kota Serang turut ambil bagian pada ujian kenaikan tingkat (UKT), yang dilaksanakan di GOR Baladika Grup I Kopassus, Kota Serang, Minggu (17/1/2016) sore. UKT ditujukan untuk meningkatkan kualitas anak didik taekwondo. Ratusan peserta UKT mulai dari sabuk putih, sabuk putih strip, sabuk kuning, kuning strip, sabuk hijau polos, sabuk hijau strip, sabuk biru polos, sabuk biru strip, sabuk merah polos, dan sabuk merah strip.

Ketua Umum TI Pengcab Kota Serang Irfan mengatakan, UKT tersebut sebagai bentuk pengawasan kepada seluruh anak didik yang tergabung di 12 klub taekwondo di wilayahnya. “UKT ini untuk menguji peserta sejauh mana hasil latihannya di masing-masing klubnya,” ujar Irfan, kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Dijelaskannya, materi yang diujikan kepada peserta didik taekwondo berupa keindahan gerakan, teknik kaki, teknik tangan, pemecahan, tanding, dan fisiknya. “Cuma materi yang kami berikan kepada setiap anak didik berbeda, dilihat dari sabuknya. Kalau sabuknya putih, tidak ada materi pemecahan karena keahlian yang dimiliknya pun masih dasar,” jelasnya.

Pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah peserta didik yang dinyatakan lulus ujian kenaikan tingkat tersebut. “Belum. Masih kami rekap nilainya dari tim penguji. Tapi, kami memiliki nilai standar kelulusannya. Seandainya peserta belum lulus maka diuji lagi oleh pelatihnya di masing-masing klubnya. Tapi, itu hanya untuk sabuk putih. Tapi, kalau sabuk merah jika tidak memenuhi standar kelulusan, kami belum dapat menaikkan tingkatnya. Si atlet harus mengikuti ujian kembali di masing-masing pelatihnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum TI Pengcab Kota Serang Ramdhan menyatakan, 12 klub taekwondo itu, yakni Andromeda Taekwondo Club, D’lion Kids, Serang Taekwondo Club, Taekwondo Four Club, Taekwondo Garuda Jaya Club, Kentaro Taekwondo Club, Satria Taekwondo Club, Trace Club, NSTC, Pouchen Club, Cidam (Ciujung Damai) Taekwondo Club, Cibar (Ciujung Baru) Taekwondo Club. “Kami akan mengadakan UKT ini setiap empat bulan sekali. Tempatnya disesuaikan atas kesepakatan bersama,” tegas Ramdhan. (RB/brp/air/dwi)