SERANG – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Provinsi Banten menggelar Bimbingan Teknis Penguatan Kader Posyandu Tingkat Provinsi Banten. Ini dilakukan karena mengingat Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat.

“Adanya Posyandu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal sejak di dalam kandungan hingga berusia 18 tahun, yang dipelopori oleh kader Posyandu, oleh karena itu kader Posyandu merupakan ujung tombak dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat melalui program kerja yang diselenggarakan di pos pelayanan terpadu,” kata Kepala BPPMD Provinsi Banten, H. Chairul Amri Chan.

Chairul Amri melanjutkan, dalam era globalisasi ini memungkinkan, segala aspek kehidupan mengalami berbagai perubahan yang tidak sedikit dan cepat berakibat terhadap kemandirian Posyandu, ini sangat berdampak negatif antara lain menurunnya fungsi dan kinerja Posyandu, yang merupakan satu wahana yang diharapkan dapat menunjang dalam meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat.

“Pengetahuan, sikap dan keterampilan kader Posyandu berkurang, bahkan ada yang belum memahami hal-hal standar berkaitan dengan kegiatan Posyandu. Data sekitar 40 persen dari jumlah Posyandu yang ada dan dapat melakukan fungsi dengan baik, sesuai perkembangan keadaan dan kebijakan-kebijakan baru yang berkaitan dengan pengelolaan Posyandu,” tambahnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Chairul, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kader Posyandu, melalui penguatan Forum Kader Posyandu yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan baru bagi perkembangan dan kemajuan para kader untuk masa-masa mendatang sesuai dengan tuntutan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas selama dalam menghadapi hidupnya dengan penuh tanggungjawab dan berdedikasi.

“Dengan adanya kegiatan penguatan Forum Kader Posyandu tingkat Provinsi Banten, kita dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kader Posyandu agar lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kader,” ujarnya. (BPPMD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)