SERANG – Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Banten akan memberikan pelatihan pengemasan hasil produksi bagi usahawan muda. Pelatihan akan dilakukan di Sekretariat FKP Banten, di Kompleks Bumi Agung Permai, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, pada Kamis (14/1/2016).

Pembina FKP Banten Samad mengatakan, pelatihan ini untuk menambah pengetahuan bagi para pemuda yang menggeluti dunia usaha dalam meningkatkan nilai jual hasil produksi mereka. “Dengan kemasan yang lebih menarik, produk yang kita jual akan naik kelas nilai jualnya. Kebetulan kita sudah memiliki alat pengemasan makanya kita manfaatkan bersama-sama untuk pelatihan in,” terangnya kepada Radar Banten Online, Senin (11/1/2016).

Selain memberikan pelatihan pengemasan, katanya, pada kesempatan tersebut juga akan dihadirkan sejumlah instansi terkait untuk peningkatan nilai produk. “Kita akan undang juga dari Disperindag untuk menjelaskan terkait perizinan termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk masalah labelisasi halal,” tambahnya.

Dikatakan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya FKP untuk mendorong usahawan muda agar lebih maju. “Apalagi sekarang ini sudah memasuki masa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kalau kita tidak siap, jangan-jangan nanti pedagang bakso juga orang dari luar negeri,” ujarnya.

Fitri Yadi, Wakil Ketua FKP Banten, mengatakan, pelatihan ini terbuka untuk para pemuda yang memiliki dunia usaha dan memiliki semangat untuk mengembangkan usahanya. “Pelatihan ini gratis. Para peserta hanya dikenai biaya Rp35.000 untuk biaya makan mereka sendiri,” ujarnya. (qizink)