Tingkatkan Produksi, TNI dan Distanbun Tanam Jagung di Cimarga

0
1.091 views

LEBAK – Kodim 0603 Lebak bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) menggelar kegiatan penanaman jagung hibrida di lahan milik TNI di Kampung Gembor, Desa Intenjaya, Kecamatan Cimarga pada Kamis (2/7). Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi jagung dan ketahanan ekonomi masyarakat di tengah pandemi corona.

Kepala Distanbun Lebak Rahmat Yuniar mengatakan, potensi lahan pertanian yang ada di 28 kecamatan cukup luas. Karena itu,  pihaknya bersinergi dengan TNI dan masyarakat mengoptimalkan lahan pertanian untuk ditanami jagung hibrida dan jenis tanaman pangan lainnya. Dengan harapan, ke depan Lebak mampu mencapai swasembada pangan.

“Iya, hari ini kita melakukan gerakan tanam jagung di lahan seluas lima hektare. Program ini akan terus kita lakukan di desa dan kecamatan lain di Lebak. Tujuannya meningkatkan produksi jagung dan ketahanan ekonomi masyarakat,” kata Rahmat Yuniar kepada Radar Banten.

Ke depan, Distanbun bersama Kodim 0603 Lebak akan terus mendorong masyarakat mengoptimalkan lahan pertanian di wilayahnya masing-masing. Bahkan, Distanbun dan TNI siap membantu memberikan pengetahuan tentang tata cara bercocok tanam yang baik. Termasuk membantu pemasaran jagung ketika sudah panen.

“Saya komitmen turun ke lapangan untuk membantu petani. Sehingga petani di Lebak lebih mandiri dan sejahtera,” ungkapnya.

Dandim 0603 Lebak Letkol (Kav) Yudha Setiawan optimistis produksi jagung di Lebak dapat ditingkatkan. Karena itu, Kodim bersama jajarannya siap mendukung program pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan. Sehingga ke depan, Lebak menjadi lumbung pangan nasional.

“Kami siap membantu menyukseskan program pemerintah di bidang pertanian. Sehingga petani yang ada di Lebak bisa hidup sejahtera,” harapnya.(Mastur)