Tingkatkan SDM Aparatur, Pemkab Pandeglang Gandeng Untirta

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang menggandeng Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) aparatur. Itu dilakukan agar seluruh pegawai Pemkab mampu mengelola pemerintahan dengan baik.

Bupati Irna Narulita mengatakan, dengan kerja sama yang telah dilakukan, Pemkab bisa terbantu. Khususnya, dalam tata kelola pemerintahan melalui kajian akademis yang telah dilakukan. “Dengan kajian akademis yang telah dilakukan, tata kelola keuangan, aset, arsip, pertanian, IT (informasi teknologi) sampai ke tingkat desa,” kata Bupati pada acara pertemuan dengan Rektor Untirta Sholeh Hidayat di ruang Garuda Pemkab Pandeglang, Selasa (9/8).

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua DPRD Pandeglang Erin Fabiana Ansori, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Darah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Iskandar, dan Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset (DPKA) Kabupaten Pandeglang Mahmud Ali.

Menurut Bupati, dengan pendampingan yang dilakukan Untirta, keilmuan aparatur pemerintah bisa meningkat sesuai dengan kompetensinya. Harapannya, laporan keuangan Pemkab ke depan mendapatkan wajar tanpa pengecualian (WTP). “Mudah-mudahan dengan kerja sama ini Pandeglang bisa terlepas dari kabupaten tertinggal. Sebab, banyak potensi yang dapat kita kembangkan,” katanya.

Sementara itu, Rektor Untirta Soleh Hidayat menerangkan, kerja sama dengan Pemkab yang telah dilakukan adalah dalam bidang pengelolaan keuangan, kebijakan publik, dan pengelolaan aset. Ke depan rencananya akan ditingkatkan dalam bidang agrobisnis. “Tadi kita juga sudah membahas, bahkan Ibu (Bupati-red) menginginkan agar bisa dimasukkan dalam bidang agrobisnis. Sebab, di Pandeglang ini sangat potensial di ketahanan pangan,” katanya. (Iman F/Radar Banten)