Bupati Iti Octavia Jayabaya memberikan keterangan kepada wartawan.

LEBAK – Bupati Iti Octavia Jayabaya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Dede Jaelani dan Koordinator Penanggulangan Bencana Pemkab Lebak Budi Santoso meninjau korban banjir bandang di Kampung Cibeurih, Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira, Kamis (23/5). Bupati perempuan pertama di Lebak tersebut memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban banjir bandang berupa sembako dan peralatan rumah tangga.

“Kami prihatin dengan musibah banjir bandang yang terjadi di empat kecamatan di Lebak. Apalagi, musibah ini terjadi di bulan Ramadan,” kata Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan, Kamis (23/5).

Iti menyebutkan, empat kecamatan yang terdambak banjir bandang, yakni Kecamatan Sajira, Cimarga, Muncang, dan Kecamatan Leuwidamar. Akibat kejadian ini, ratusan rumah rusak dan paling parah terjadi di Kampung Cibeurih, Desa Margaluyu, Kecamatan Sajira.
“Semoga para korban diberikan kesabaran atas ujian ini dan alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Nanti kita akan salurkan bantuan dari pemerintah,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten ini menginformasikan, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak telah terjun membantu masyarakat sejak Rabu (22/5) malam. Bantuan kebutuhan pangan sudah cukup. Bahkan, Pemkab akan bentuk tim penanggulangan pasca-bencana untuk mendata bangunan rumah dan insfratruktur lainnya yang rusak.

“Kita dapat mengalkulasi berapa jumlah bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak korban bencana banjir bandang di Lebak,” ungkapnya. (Mastur)