Tinjau Pelabuhan Merak, Menhub Soroti Fungsi Kapal Ro-Ro

0
420 views
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Merak.

CILEGON – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta rombongan meninjau pelabuhan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Senin (12/12).

Ada dua hal pembahasan dalam kunjung Menhub di Pelabuhan Merak ini, yaitu tentang persiapan angkutan Natal dan tahun baru 2017. Serta prospek kapal ro-ro(roll on roll off) yang dinilai telah membaik. “Persiapan angkutan Natal dan tahun baru telah dipersiapkan dengan baik. Karena ada penambahan kapasitas lalulintas, kapasitas pelabuhan, dan kapasitas kapal-kapal juga,” ujar Budi.

“Berkaitan dengan fungsi kapal ro-ro ada satu diskusi yang ingin kita tingkatkan agar berfungsi lebih integrited kepada titik-titik kota yang lain. Karena saat kapal ro-ro ini praktis masih difungsikan di Selat Sunda di sini, antara Bali dan Lombok, dan sebagainya,” ujarnya.

Namun demikian, dijelaskan Budi, permasalan yang kini hendak dibenahi Kementerian Perhubungan adalah banyaknya kendaraan truk muatan barang yang mengokupasi jalan-jalan sehingga menyebabkan kemacetan. “Kita sampaikan ke ASDP dan asosiasi kapal ro-ro ini agar juga memikirkan jalur-jalur yang lain, seperti Panjang, Jakarta, Semarang, Surabaya terus langsung ke Lembar. Agar truk-truk yang biasa mengokupasi jalan raya bisa dikurangi dan secara ke ekonomian bisa ekonomis,” ujarnya.

Budi menganggap jalur laut merupakan sarana transportasi masyarakat yang murah. Budi berharap kapal ro-ro akan menjadi sarana transportasi yang berdaya dukung tinggi dan menjadi angkutan logistik antar-pulau dari Sumatera, Lombok, dan menyebar luas ke daerah lainnya.

“Tadi kami menghitung secara garis besar. Di bebera titik selat jumlah kapal ro-ro itu over. Seperti di sini ada 58 (kapal ro-ro) dengan okupansi cukup 12 hari sebulan, berarti okupansinya hanya 30 persen. Ini juga terjadi dari Jawa ke Bali. Jadi sisanya akan kita pindahkan ke tempat-tempat yang punya volume dan prospek bisnis. Agar bisa berjalan dengan baik,” ucapnya. (Riko)