Tinjau Penjurian LRLA, Syafrudin Apresiasi Hasil Penataan Lingkungan

0
352 views
Walikota Serang Syafrudin menunjukkan hasil karya ibu-ibu dari limbah kayu palet di Kelurahan Pipitan, kemarin.

SERANG – Walikota Serang Syafrudin, Selasa (8/9) pagi mengunjungi salah satu lokasi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang, tepatnya di Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka. Syafrudin mengapresiasi hasil penataan warga Pipitan di lomba tersebut, karena kini tiga lingkungan yang mengikuti lomba menjadi indah, bersih dan aman berkat gotong royong warganya.

Datang sekira pukul 09.45 WIB, Walikota disambut meriah grup qasidah ibu-ibu RT 04, bersama tim juri. Syafrudin pun menyempatkan diri berfoto di salah satu spot selfie hasil penataan warga RT 04. Usai swafoto, Walikota pun dihibur dengan tarian kreasi dengan nama Banten Jawara yang dibawakan oleh anak-anak RT04/RW02.

Setelah menyaksikan penampilan dari anak-anak RT04, Syafrudin pun berkeliling meninjau lingkungan dengan melihat hasil karya pengolahan sampah ibu-ibu. Di antaranya kayu palet, yang dijadikan hiasan dinding, tutup botol air mineral yang dihias untuk dijadikan pin. Walikota pun menyempatkan diri untuk memanen hasil pembudidayaan pakcoi dan kangkung yang ditanami warga dengan sistem hidroponik.

Walikota Syafrudin tidak hanya berkeliling meninjau RT04, melainkan memantau juga RT05 dan RT06 bersama tim juri kelompok 11, yang diisi  Aiptu Juwedi, perwakilan dari Polres Serang, Aas Arbi Syahrostani perwakilan dari Radar Banten, dan  Machron Chaerul Falah, perwakilan dari Forum Kota Serang Sehat.

Syafrudin mengapresiasi apa yang sudah warga Pipitan lakukan di LRLA 2020. Dikatakannya, dari tiga lingkungan yang ditinjau bersama tim juri, Syafrudin melihat banyak peningkatan di lingkungan tersebut. Syafrudin berharap hasil penataan yang sudah ada bisa dirawat dan ditingkatkan lagi. “Hasil ini ke depannya ditingkatkan lagi ya,” Ujar Syafrudin.    

“Saya sebetulnya sudah pernah ke sini (RT 04) pas Kampung Tangguh Nusantara, ketika panitia Lomba Kampung Resik Lan Aman mengarahkan saya ke sini lagi, berarti di lingkungan ini ada yang istimewa,” kata Syafrudin.

Di LRLA ini, Syafrudin berharap lingkungan lain juga bisa mencontoh lingkungan yang mengikuti lomba, sehingga menjadi bersih. “Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk merubah perilaku masyarakat dalam hal kebersihan, sehingga warga pun menjadi sehat karena lingkungannya bersih dan aman,” ujar Syafrudin.

Ia juga mengapresiasi RT04, di lingkungan tersebut dari hasil penilaian tim juri sudah memenuhi semua kriteria. Diharapkan ke depannya RT lain juga bisa ikut di lomba yang sama pada tahun 2021, sehingga semua kampung di Kota Serang menjadi bersih, indah dan aman. “Yang belum ikut Lomba Resik Lan Aman, tahun depan saya harap ikut, sehingga semua kampung di Kota Serang bisa resik , nyaman dan aman,” tambah Syafrudin.

Lurah Pipitan, Tuti Sumiati mengaku senang dengan kedatangan Walikota. Ia berharap ke depan penataan yang sudah dilakukan di Pipitan bisa lebih ditingkatkan. “Saya senang lingkungan kami ditinjau langsung oleh Pak Wali, mudah-mudahan yang akan datang lingkungan kami bisa lebih baik lagi dari sekarang,” kata Tuti.

Ahyadi, Ketua Penggerak Lingkungan RT04 RW02, mengaku sangat senang lingkungannya sudah dikunjungi Walikota. Kata dia, apa yang sudah dilakukan warga untuk LRLA ini seperti mendapatkan apresiasi karena didatangi orang nomor satu di Kota Serang. “Saya sama warga sangat bangga, dengan perjuangan kami dari awal mengikuti lomba ini mendapatkan apresiasi dari pak wali, kerja keras kami jadi terbayarkan, walaupun memang belum ditentukan siapa pemenangnya,” kata Ahyadi.

“Karena ini adalah lomba, kami pasti berharap menang di lomba ini, tapi yang terpenting adalah dengan mengikuti lomba ini, lingkungan kami menjadi indah, sekarang kami jadi punya bank sampah, kegiatan daur ulang sampah berjalan, dan yang terpenting, warga jadi lebih mencintai lingkungannya,” ujar Ahyadi. (rio/air)