Tiongkok Banyak Pengangguran, Serbuan TKA Tak Hanya ke Indonesia

0
545 views
Ilustrasi/dok.JawaPos.com

SERBUAN tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok perlu diwaspadai pemerintah. Sebab kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, negeri tirai bambu itu mengalami perubahan di bidang industrial.

“Yang tadinya industri padat karya, sektor UKM, teknologi biasa-biasa saja, sekarang teknologinya sudah meningkat,” tutur pria yang akrab disapa Aher itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/12), seperti dilansir JawaPos.com.

Untuk itu, menurut dia, pasti di Tiongkok banyak pengangguran karena banyak yang tidak memiliki skill seiring teknologi yang semakin canggih. “Sehingga, diperkirakan warga Tiongkok yang tidak punya skill hampir 45 juta orang,” tegasnya.

Dikarenakan menganggur di negaranya, warga Tiongkok itu menurut Aher akan mencari kerja ke luar negeri. “Dan ini serangan tidak hanya di Indonesia, tapi China serang seluruh negara kemana-mana,” sebutnya.

Aher mengatakan, kebijakan bebas visa yang dikeluarkan pemerintah Indonesia pastinya tidak akan disia-siakan para warga Tiongkok itu. Dalam artian, mereka menggunakan visa turis untuk bekerja di negeri ini.

Khususnya sebagai tenaga kerja kasar atau buruh. “Sehingga China yang masuk ini dicurigai masih sebagai turis, tapi disini dia melakukan tenaga-tenaga kasar tersebut,” ucap Aher.

Karenanya, politikus Partai Demokrat itu berharap agar persoalan TKA asal Tiongkok di Indonesia segera dituntaskan.

“Diselesaikan secara tuntas, transparan dan akuntabel dengan keterangan yang jelas. TKA yang ilegal juga banyak ditemukan, tapi sejauh mana data-data yang benar,” pungkas Aher. (dna/JPG)