Nadia Mulya berbagi tips kesehatan untuk ibu hamil.

SERANG – Menjaga kesehatan saat hamil merupakan sesuatu hal penting bagi seorang perempuan bersama pasangannya. Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan agar kondisi kehamilan tetap sehat dan bugar. Ini diungkapkan aktris Nadia Mulya, yang menjadi Tim Mama Care Lactamil. Ia berbagi tips bersama pada acara MamaFit Bareng Alfamart dan Lactamil di ballroom Le Dian Hotel and Cottages, Kota Serang, Minggu (28/2).

Wanita yang tengah hamil anak ketiga ini mengatakan, selama kehamilan, ibu-ibu harus aktif. Kehamilan adalah tonggak untuk merubah pola hidup menjadi lebih baik. Bukan hanya dari segi nutrisi, tapi juga badan yang sehat dan bugar. “Selama kehamilan jangan sampai bermalas-malasan dan hanya tidur-tiduran. Ibu-ibu harus aktif. Kalau jarang gerak bisa kena diabetes dan melahirkannya bisa cesar,” katanya.

Ia menilai, selama ini, ibu hamil hanya memprioritaskan nutrisi yang baik, tapi kesadaran untuk berolahraganya kurang. Padahal olahraga juga menjadi hal penting untuk membantu kelancaran melahirkan. “Tentu dengan olahraga yang ringan dan kondisi kehamilan yang sehat dan aman,” katanya.

Kata dia, olahraga yang dipilih tidak harus berat dan bisa disesuaikan dengan usia kehamilan. Semantara olahraga yang paling aman selama masa kehamilan adalah berenang karena air mampu menampung berat tubuh si ibu hamil.

Nadia yang sekarang berusia 36 tahun selalu menjaga kebugaran tubuhnya selama hamil. Ia rutin melakukan olahraga seminggu tiga kali yang dibantu trainer profesional. Ia memilih cross fit yang bisa membantu kebugaran sehari-hari dan saat melahirkan. “Karena saya ingin melahirkan normal jadi membutuhkan tubuh yang fit, saya olahraga ini sejak tiga tahun terakhir,” katanya.

Kata dia, dengan olahraga yang cukup juga membantu agar recovery pasca kehamilan juga bisa lebih cepat. “Jadi olahraga atau senam hamil banyak manfaatnya,” katanya. (Susi Nuril)