Tipu Guru Honorer, Warga Cipocok Ditangkap

0
1.143 views

SERANG – AM (34) diringkus oleh anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang Kota di persembunyiannya di Kompleks Bumi Rakata, Kelurahan Ciwedus, Kota Cilegon, Minggu (11/6).

AM disangka melakukan penipuan terhadap guru honorer yang dijanjikan bisa diangkat menjadi calon aparatur sipil negara (ASN). “Tersangka kita tangkap setelah dilaporkan melakukan penipuan terhadap korban bernama Megawati, guru honorer MTs” kata Kepala Satuan Reskrim Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Richardo Hutasoit.

Warga Kompleks Tembong Indah, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang ini menjanjikan Megawati (30) diangkat menjadi calon ASN, dengan syarat menyerahkan uang pengurusan sebesar Rp 270 juta. “Penyerahan uang ini dilakukan 6 kali di rumah korban di Kelurahan Kagungan, Kota Serang sekitar tahun 2015, sesuai bukti kwitansi penyerahan uang sudah kita amankan,” ujar Richardo.

Agar korban yakin, AM mengaku mempunyai hubungan dekat dengan pejabat di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Setelah menerima uang, AM menemui korban untuk menyerahkan selembar kertas berkop BKN yang berisi daftar nama guru honorer yang telah memenuhi syarat untuk diangkat menjadi calon ASN. Salah satu nama yang memenuhi syarat diangkat menjadi calon ASN adalah korban.

“Korban diminta segera mengurus pengangkatan calon ASN di Kota Serang. Namun, diketahui surat berkop BKN itu palsu,” kata Richardo.

Richardo mencurigai korban penipuan oleh AM ini, tidak hanya dialami Megawati, melainkan ada sejumlah korban lain. AM diduga tidak bekerja sendirian, tetapi ada pelaku lain yang bekerja di balik layar. “Dari laporan yang kami terima, tersangka AM berperan aktif menemui korban, tapi ada pelaku lain yang bermain di balik layar, ini yang masih kita kejar,” tegas Richardo. (Merwanda/RBG)