Titip Keamanan Pilkada 2020 di Banten

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri lepas sambut Panglima Kodam III/Siliwangi dari Letnan Jenderal (Letjen) TNI Tri Soewandono kepada Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Nugroho Budi Wiryanto di Graha Tirta Siliwangi, Jalan Lombok, Bandung, Rabu (6/10).

Kepada Pangdam yang baru, Wagub berharap dapat bekerja sama terkait dengan menjaga keamanan di wilayah Banten, khususnya dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. “Persoalan keamanan wilayah seperti kita ketahui dalam waktu dekat ini kita akan menyelenggarakan pilkada. Kami pemerintah daerah di Banten tentunya berharap dapat bersinergi dengan Kodam III/Siliwangi agar penyelenggaraan pilkada tersebut berjalan kondusif,” papar Andika kepada wartawan usai menghadiri acara.

Diungkapkan Andika, Provinsi Banten akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Dalam ajang kontestasi politik lokal itu, setidaknya ada empat kabupaten kota yang akan menggelarnya. Empat wilayah tersebut adalah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Mengutip pernyataan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Andika mengatakan, TNI telah menyatakan kesiapannya untuk ikut membantu Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020.

“Kalau kita simak pernyataan Panglima TNI dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR beberapa waktu lalu kan memang disebutkan TNI akan menurunkan dua per tiga dari yang diturunkan Polri,” ujarnya.

Meski begitu, dirinya perlu menitipkan persoalan koordinasi keamanan penyelenggaraan pilkada ini mengingat potensi konflik yang bisa terjadi.

Andika mengaku, secara khusus pemda di Banten akan melakukan rapat koordinasi dengan Polri dan TNI di Banten untuk membahas secara spesifik ancaman dan potensi gangguan keamanan dalam Pilkada 2020. “Sejauh ini kan yang jelas potensi konflik antarpendukung dimungkinkan terjadi dalam beberapa tahapan pilkada. Meski, alhamdulillah untuk Banten sebetulnya relatif aman kalau dari pengalaman selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam sambutannya meminta kerja sama dengan semua pihak yang ada di Jabar dan Banten demi menciptakan kondisi yang aman dan terkendali. “Kami datang ke sini tentu masih banyak kekurangan. Kami mohon kerja sama baik untuk instansi di luar militer maupun di militer,” katanya.

Di lain pihak, Letjen TNI Tri Soewandono yang menjabat sebagai Pangdam/III Siliwangi selama 11 bulan delapan hari menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Jabar dan Banten. Pria kelahiran Surabaya 21 Desember 1963 itu pun berpesan bahwa segala hambatan dalam tugas akan bisa dilalui.

Untuk diketahui, Tri saat ini merupakan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Sesmenko Polhukam). Adapun, Nugroho sebelum menjabat Pangdam III/Siliwang adalah Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). (den/air/ira)