TNI Ajak Masyarakat Ikuti Doa Bersama

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo (kedua kiri) berbincang dengan jajaran redaksi Radar Banten saat berkunjung ke gedung Graha Pena Radar Banten, Kota Serang, Selasa (15/8). FOTO: QODRAT

SERANG – Pada Kamis (17/8) pukul 17.00 WIB, TNI mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan berdoa dan bersyukur bersama kepada Tuhan yang Maha Esa. Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia itu akan dilakukan di lima lokasi di Kota Serang sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Dandim 0602 Serang Letkol Czi Harry Praptomo mengatakan, untuk umat muslim kegiatan berdoa dan bersyukur bersama ini dilakukan di pelataran Masjid Agung Serang. “Kegiatan ini dinamakan 17,17,17, yakni pada tanggal 17 Agustus, tahun 2017, pukul 17.00 WIB,” ujar Harry didampingi sejumlah jajaran Kodim 0602 Serang saat berkunjung ke Graha Pena Radar Banten, Selasa (15/8). Kedatangan Harry diterima Kepala Diklat dan Litbang Radar Banten Grup M Widodo dan Redaktur Pelaksana Radar Banten Ahmad Lutfi.

Harry menguraikan, untuk umat Kristen Protestan kegiatan itu dilaksanakan di Gereja GKI Serang, Kristen Katolik di Kristus Raja Serang, Hindu di Pura Grup I Kopassus, dan Budha di Klenteng Kasemen Serang. Diharapkan, masyarakat dapat ikut serta dalam kegiatan masif yang positif tersebut. Meskipun ada kegiatan berdoa dan bersyukur bersama ini, upacara penurunan bendera Merah Putih tetap dilaksanakan.

Selain kegiatan itu, dalam rangka HUT TNI nanti akan dilaksanakan peringatan HUT TNI tingkat nasional di Kota Cilegon dengan pengerahan massa sebanyak 20 ribu orang. Kegiatan itu bukan hanya domain satu angkatan, tapi tiga sekaligus. Yakni, darat, laut, dan udara. Bahkan, dalam momen itu juga akan menampilkan alutsista terbaru, baik itu produk lokal maupun luar negeri. “Ini untuk menunjukkan ke dunia kalau TNI Indonesia kuat,” tutur Harry.

Dalam kunjungannya kemarin, ia mengatakan, peran media memang sangat penting. Untuk itu, ia sangat berharap dapat bersinergi dengan Radar Banten di setiap kegiatan. Apalagi, sepengetahuannya, grup Jawa Pos selalu menerbitkan berita-berita yang menyejukkan sesuai fakta tapi tidak provokatif. Bahkan, meskipun media online saat ini sudah marak, tapi pria yang baru sekira dua bulan lebih menjabat sebagai Dandim di Serang itu mengaku kerap membaca Radar Banten. “Beritanya lengkap, mulai dari daerah, nasional, internasional, hukum, bisnis, entertainment,” ujarnya.

Kepala Diklat dan Litbang Radar Banten Grup M Widodo mengatakan, Radar Banten Grup siap bersinergi dan membangun bersama dalam kebersamaan. “Sebagai media, kami siap mengawal dan semoga ada sinergis,” tuturnya.

Kata dia, selama ini sinergi juga sudah terbangun dengan TNI dan Polri. Salah satunya dengan kegiatan bersepeda bersama dalam Sepeda Jelajah Wisata Banten.

Widodo menuturkan, pemberitaan saat ini memang bergeser dari bad news is good news (berita buruk adalah berita baik) ke good news is the best news (berita baik adalah berita terbaik). Maka, tak heran apabila Jawa Pos Grup lebih sering menyajikan berita yang menyejukkan. (Rostinah/RBG)