TNI Bangun Jalan Gunungkencana-Cirinten Sepanjang 5,4 Kilometer

Pj Bupati Lebak Ino S Rawita bersama Danrem 064 MY Kolonel Czi Budi Hariswanto menghadiri pembukaan TMMD yang dilaksanakan di Kecamatan Gunungkencana, Rabu (4/4).

GUNUNGKENCANA – Anggota Kodim 0603 Lebak sedang membangun Jalan Gunungkencana-Cirinten sepanjang 5,4 kilometer. Kegiatan sosial itu terangkum dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dibuka, Rabu (4/4) pagi. Jalan dengan lebar delapan meter itu menghubungkan Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana, dengan Desa Parakan Lima, Kecamatan Cirinten.

Hadir dalam acara pembukaan TMMD ke-101 itu Pj Bupati Ino S Rawita, Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto, Dandim 0603 Lebak Letkol ARH Syafa Susanto, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto, Ketua DPRD Lebak Junaedi Ibnu Jarta, serta sejumlah pejabat TNI dan Polri di wilayah Lebak dan Banten.

Pj Bupati Lebak Ino S Rawita mengatakan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, organisasi perangkat daerah (OPD), dan masyarakat. Tahun ini,TMMD dilaksanakan di Kecamatan Gunungkencana. Adapun kegiatannya, yakni membuka jalan dari Cimanyangray hingga Parakan Lima.

“Awalnya jalan tersebut hanya bisa dilalui dengan jalan kaki melalui hutan. Tapi, sekarang akan dibangun jalan dengan panjang 5,4 kilometer dan lebar delapan meter,” kata Ino S Rawita usai pembukaan TMMD di Gunungkencana, kemarin.

Program TMMD, lanjutnya, bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan akselerasi pembangunan. Kata dia, ratusan anggota TNI diterjunkan untuk menyukseskan program tersebut. Dengan terbukanya akses jalan penghubung dua kecamatan tersebut, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Selain membangun jalan, dalam TMMD juga dilakukan rehabilitasi rumah, tempat ibadah, dan menyosialisasikan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kepada masyarakat.

“Ada dua sasaran dalam program TMMD, yakni fisik dan nonfisik. Untuk fisik, kita akan bangun jalan, fasilitas umum, dan sarana ibadah. Sasaran nonfisiknya, anggota TNI akan melakukan penyuluhan hukum, kesehatan, wawasan kebangsaan, narkoba, dan pertanian,” jelasnya.

Ino mengakui, TMMD sangat membantu Pemkab dalam melaksanakan program percepatan pembangunan. Dengan bantuan TNI dan Polri, Lebak akan cepat tinggal landas dari ketertinggalan. Harapannya, koneksi antarwilayah di Lebak terbangun dan aktivitas perekonomian bisa berjalan dengan baik.

“Anggota TNI, Polri, dan masyarakat akan bahu-membahu dalam melaksanakan kegiatan pembangunan jalan dan fasilitas publik lainnya di Gunungkencana. Semoga program tersebut berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat,” harapnya.

Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto mengungkapkan, program TMMD dilaksanakan untuk membantu Pemkab dalam mempercepat pembangunan. Oleh karena itu, sengaja pembangunan jalan dari Cimanyangray ke Parakan Lima melalui hutan. “Panjang jalan yang dibangun sekira 5,4 kilometer, lebar delapan meter, dan badan jalan yang diperkeras lebarnya tiga meter,” ungkapnya.

Dandim 0603 Lebak Letkol ARH Syafa Susanto mengatakan, TMMD ke-101 di Gunungkencana akan dilaksanakan selama sebulan, yakni mulai 4 April sampai 3 Mei 2018. Kata dia, jumlah personel yang diterjunkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut kurang lebih sebanyak 150 orang. Selain anggota TNI, ada juga anggota organisasi masyarakat (ormas), pemuda, dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut. “Pembangunan jalan yang kita lakukan akan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat,” katanya. (Mastur/RBG)