TNI-Brimob Solid Amankan Pilkada 2020

SERANG – Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Korniawan meminta seluruh personel brimob untuk menjaga soliditas dengan TNI. Kesolidan antar kedua instansi itu dibutuhkan untuk menjaga keamanan jelang Pilkada Serentak 2020.

“Sinergisme TNI dan Brimob harus tetap solid untuk menjaga NKRI. Kemudian untuk mengamankan semua kegiatan di wilayah Provinsi Banten. Apalagi tahun depan menghadapi pilkada serentak,” kata Tomex usai memimpin apel peringatan HUT ke-74 Brimob di Mako Brimobda Banten, Kamis (14/11).

Dikatakan Tomex, sejauh ini sinergisme TNI-Polri di Banten telah dilaksanakan dengan baik. Sehingga, pelaksanaan pengamanan untuk seluruh kegiatan di Banten berjalan sukses. “Sampai saat ini tidak ada hal-hal yang membuat hubungan antar instansi menjadi terganggu,” kata Tomex. 

Tomex sebelumnya juga memuji keberhasilan pasukan elite itu melaksanakan tugasnya. Di antaranya, pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, penanggulangan aksi teror, pengamanan Operasi Ketupat 2019, dan berbagai unjuk rasa di Tanah Air.  “Saya juga mengapresiasi peran aktif Brimob yang bergerak cepat membantu penanganan dampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, menanggulangi konflik sosial di Papua dan Papua Barat,” kata Tomex membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis.

Selain itu, Tomex juga menyampaikan pesan Kapolri yang harus menjadi pedoman seluruh personel Brimob. Yakni, menjaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri. Lalu, sinergisme dengan seluruh personel TNI dan kolaborasi seluruh elemen bangsa. Personel Brimob juga wajib terus berlatih dan meningkatkan keterampilan. “Terus pelihara kesiapsiagaan personel, sarana, dan prasarana,” kata Tomex.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Gubernur Banten mewakili Pemprov Banten dan masyarakat Banten mengucapkan selamat ulang tahun kepada Korps Brimob Polri yang ke-74. “Selain ucapan selamat, saya juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap bantuan, kinerja, dan dorongan seluruh keluarga besar Korps Brimob khususnya Korps Brimob Polda Banten dalam mengamankan situasi keamanan di Provinsi Banten,” tutur Andika.

Lebih lanjut Andika mengatakan, pengamanan dalam pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden beberapa waktu yang lalu serta pemilu kepala daerah mendatang dapat berjalan dengan baik berkat kerja sama yang baik antara institusi Polri dengan institusi TNI.

Selanjutnya Andika mengungkapkan bahwa ke depan antara pihak Pemprov Banten dengan Korps Brimob Polda Banten akan duduk bersama untuk membahas mengenai markas Korps Brimob Polda Banten. “Kita duduk bersama agar Korps Brimob Polda Banten memiliki markas yang representatif. Untuk tahap awal pengaspalan jalan di dalam markas Korps Brimob Polda Banten telah selesai dilaksanakan “ jelas Andika.

Terkait untuk markas dari Korps Brimob Polda Banten, Andika menyebut akan membahas bersama untuk menentukan lokasi yang representatif dalam menjalankan aktivitas dari Korps Brimob Polda Banten. “Selain itu, lokasi tersebut dapat berfungsi untuk penguatan dalam kapasitas menjaga keamanan dan kondusivitas di Provinsi Banten,” sebut Andika. (tur-mg05-nda/air/ira)