TNI Buat Laboratorium Vaksin di Pulau Galang

0
290 views

JAKARTA – TNI akan membangun laboratorium di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Laboratorium tersebut akan dikembangkan sebagai tempat penelitian virus hingga menjadi vaksin.

“Terkait laboratorium ini masih dalam tahap perencanaan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di media center penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/11).

Dia menyebut laboratorium tersebut nantinya akan digunakan untuk meneliti virus. Di laboratorium itu juga akan dikembangkan vaksin. “Laboratorium yang akan dibangun di Pulau Galang di tujukan untuk penelitian virus yang nantinya akan dikembangkan menjadi vaksin,” imbuhnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya sedang berupaya membangun Laboratorium Bio Safety Level (BSL)-3 atau BSL-4 di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang. Namun, pembangunan laboratorium ini memerlukan perencanaan yang matang.

“Ke depan, kita akan juga mengajukan untuk kita bisa memiliki satu laboratorium dengan BSL level 3 atau 4. Di mana BSL itu bisa kita gunakan untuk mengembangkan virus sehingga menjadi vaksin yang bisa kita suntikan kepada prajurit. Tentunya ini perlu perencanaan dan waktu panjang karena harus diawali para ahli,” tegas Hadi.

Ia mengatakan jika ada prajurit atau masyarakat yang terkena infeksi maka dapat dirawat di RSKI Pulau Galang. Karena itu, ke depan TNI akan banyak merekrut dokter dan ahli farmasi yang terkait mikrobiologi.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu juga meminta masyarakat tetap disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Menurutnya, protokol kesehatan harus dipatuhi demi mencegah terjadinya penularan Covid-19. (rh/fin/air)