TNI Kawal Pelaksanaan New Normal

0
772 views
Danrem 064/Maulana Yusuf, Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko, mengunjungi markas Kodim 0623 Cilegon, Rabu (3/6). Pada kesempatan itu Danrem menyatakan kesiapan jajarannya untuk mengamankan kebijakan tatanan hidup baru (new normal).

CILEGON – Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko mengunjungi markas Kodim 0623 Cilegon. Dalam kunjungan itu Gumuruh mengingatkan jajaran Kodim Cilegon untuk mengawasi jalannya kebijakan new normal.

Ditemui usai memberikan pengarahan, Gumuruh menjelaskan, Korem Maulana Yusuf bersama jajaran di Kodim akan ikut mengawasi jalannya new normal di Provinsi Banten. Menurutnya sebanyak 350 anggota TNI akan terjun ke lapangan untuk mengawasi dan mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan dalam segala aktifitas.

Ratusan tentara tersebut akan bekerja sama dengan anggota Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengawasi 56 titik keramaian di Provinsi Banten yang di bawah wilayah militer Korem 064 Maulana Yusuf.

“Kita akan tempatkan pasukan untuk mengawasi masyarakat dan membiasakan masyarakat menjalankan protokol kesehatan. TNI bersama Polri dan Satpol PP akan mengawasi tempat-tempat seperti pasar, mal, pelabuhan, stasiun, terminal, dan titik keramaian lainnya,” ujarnya, Rabu (3/6).

Dikatakan Gumuruh, dalam membiasakan masyarakat mematuhi protokol kesehatan serta membiasakan diri hidup bersih dan sehat, anggota TNI diminta menerapkan tiga sikap yaitu humanis, sabar dan santun. “Kita terus tekankan ke anggota di lapangan agar tidak lelah mengimbau masyarakat,” tuturnya.

Selain di tempat keramaian di pusat kota, kata Gumuruh, Korem pun mengerahkan Bhabinsa ke seluruh desa dan kelurahan untuk menyosialisasikan hal-hal yang perlu dilakukan selama pemberlakuan New Normal.

Ia menyadari, dalam menyosialisasikan menjadi beban berat bagi di Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan aparatur desa atau kelurahan karena harus berhadapan langsung dengan masyarakat. “Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, kami berharap pandemi korona bisa dikendalikan,” ujarnya.

Gumuruh menambahkan, selain pengawasan penerapan new normal, saat ini pihaknya juga menyiapkan pengamanan Pilkada di beberapa kabupaten atau kota yang ada di Banten. “Kita sudah berkoordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk persiapan Pilkada di tengah pandemi korona ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0623 Cilegon Letkol Arm. Rico Ricardo Sirait mengaku siap mengawal jalannya normal baru yang akan diterapkan oleh Pemkot Cilegon dan Pemkab Serang.

“Anggota kami sudah kami sebar di pasar, mall, dan beberapa pusat keramaian lainnya,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Rico, pihaknya bersama pemerintah dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon dan Kabupaten Serang terus melakukan serangkaian pencegahan penyebaran Covid-19 dan menyosialsiasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. (bam/alt)