SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang mengatakan bahwa hingga saat ini, toilet di seluruh sekolah di Kota Serang belum ada yang ideal. Bahkan, sejumlah Sekolah Dasar (SD) negeri di Kota Serang masih ada yang belum memiliki fasilitas MCK.

Kepala Dindikbud Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, sekolah yang ada MCK mayoritas sekolah yang berada di tengah kota, sementara di pinggiran kota terbilang masih sedikit.

“Idealnya WC atau MCK di sekolah itu perbandingannya antara satu WC untuk 40 murid. Kita tahu semua yang ada WC itu hanya di lingkungan kota saja,” ungkap Zubaidillah kepada wartawan via telpon seluler, Jumat (9/1/2015).

Zubaidillah mengungkapkan, untuk sekolah dasar yang sudah memiliki MCK masih di bawah 50 persen, dari total 224 sekolah. Sementara untuk tingkat SMP Negeri yang mencapai 25 sekolah, SMA Negeri 8 sekolah, dan SMK Negeri 7 sekolah, seluruhnya sudah memiliki MCK. “Setiap tahun kami selalu memfasilitasi pembangunan MCK, namun tidak bisa semua sekolah terfasilitasi karena terkendala dengan anggaran yang dibagi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain di Kota Serang. Tahun lalu, kami hanya 20 sekolah yang terfasilitiasi pembangunan MCK. Sedangkan pada tahun 2015 ini, kami menganggarkan bantuan untuk membangun MCK pada 20 sekolah dasar di Kota Serang,” jelasnya.

Kendati demikian Zubaidillah tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Baginya, mutu pendidikan yang harus lebih dikedepankan, ketimbang memprioritaskan fasilitas MCK untuk mencapai taraf ideal. “Memang kondisi MCK tersebut belum ideal. Tapi yang penting dalam hal ini anak bisa terfasilitasi untuk buang air. Bagi Dindikbud, yang penting memiliki atensi kecerdasan anak-anak. Jadi MCK tidak ideal tidak masalah,” katanya. (Fauzan Dardiri)