Tokoh Besar Pendiri Ormas Keislaman Berguru Pada Syekh Nawawi

0
1.558 views

SERANG – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan Syekh Nawawi Al-Bantani merupakan seorang ulama besar yang melahirkan tokoh besar pendiri organisasi kemasyarakatan (ormas) keislaman. Hal itu dikatakannya saat memberi sambutan pada Haul Syekh Nawawi Al-Bantani ke-124, di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Jumat (21/7) malam tadi.

Turut hadir Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Banten Wahidin Halim, Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Ma’ruf Amin mengatakan, tokoh-tokoh besar pendiri ormas keislaman itu semua berguru pada Syekh Nawawi Al-Bantani, seperti Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari, Syekh Arsulad Thawil Al-Bantani, Syekh Tubagus Ahmad Bakri As-Sampuri dan murid-murid lainnya.

“Syekh Nawawi itu tokoh ulama yang diakui keislamannya. Sehingga para ahli terus mengkaji sebagai bahan skripsi, tesis dan penelitian di berbagai kampus, baik dalam negeri maupun luar negeri,” terangnya.

Presiden Joko Widodo merasa sangat bangga Indonesia memiliki seorang tokoh ulama besar Islam yang berasal dari Tanara, Kabupaten Serang.

“Sebagaimana diceritakan tadi, Beliau (Syekh Nawawi-red) telah melahirkan banyak tokoh besar Islam di Indonesia,” ujar Jokowi, sapaan akrab Presiden.

Setiap menghadiri acara konferensi tingkat Asia bahkan dunia, mantan Gubernur Jakarta itu selalu menyuarakan bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia.

“Biar dunia tahu, kalau kita punya muslim 200 juta lebih, dan terbesar di dunia. Kita harus bangga dengan itu semua,” katanya.

Jokowi mengimbau kepada masyarakat Banten, agar terus menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dengan berbagai macam perbedaan yang ada, dan patut disyukuri atas perbedaan itu. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)